Pengembangan CD interaktif pada pembelajaran biologi materi indera pendengar untuk siswa kelas XI SMA / Ndzani Latifatur Rofi'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan CD interaktif pada pembelajaran biologi materi indera pendengar untuk siswa kelas XI SMA / Ndzani Latifatur Rofi'ah

Rofi'ah, Ndzani Latifatur (2014) Pengembangan CD interaktif pada pembelajaran biologi materi indera pendengar untuk siswa kelas XI SMA / Ndzani Latifatur Rofi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rofi ah Ndzani Latifatur. 2014. Pengembangan CD Interaktif pada Pembelajaran Biologi Materi Indera Pendengar untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M.Ked (II) Nuning Wulandari S.Si. M.Si. Kata Kunci media pembelajaran multimedia CD interaktif indera pendengar 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran biologi yang dilakukan di SMA Brawijaya Smart School Malang masih terbatas pada penggunaan buku slide powerpoint video animasi dari youtube. Berdasarkan hasil observasi 78 7% siswa merasa kesulitan dalam memahami materi indera pendengar. Kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan dalam memahami struktur telinga terlalu banyak nama-nama bagian di dalam telinga banyak istilah serta materinya abstrak. Hasil observasi lain yang diperoleh yaitu 87 2% siswa semakin tertarik mempelajari materi indera pendengar apabila ada media pembelajaran interaktif dimana siswa dapat memilih sendiri materi mencoba latihan soal melihat animasi serta terdapat glosarium. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mengembangkan CD interaktif pada pembelajaran biologi materi indera pendengar sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan serta mempermudah dalam memahami materi indera pendengar. Pengembangan yang digunakan merujuk pada model Thiagarajan yaitu Define Design Develop dan Disseminate (4D) tetapi dalam penelitian ini dibatasi sampai tahap yang ketiga. Subjek coba terdiri dari ahli media ahli materi praktisi lapangan dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Brawijaya Smart School sebagai pengguna produk. 12288 12288 12288 12288 Multimedia interaktif ini memiliki enam menu utama yaitu tujuan materi tahukah kamu latihan soal glosarium dan profil. Berdasarkan persentase hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media ahli materi praktisi lapangan dan uji coba kelompok kecil diperoleh nilai berturut-turut (1) 91 66% (2) 96 09% (3) 92 97% (4) 84 23%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan multimedia interaktif termasuk dalam kriteria sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Rata-rata skor pretest dan skor postest berturut-turut yaitu 68 46 dan 94 62. Berdasarkan hasil pretest ketuntasan klasikal mencapai 54%. Hal ini berbeda dengan hasil postest siswa setelah menggunakan media yaitu ketuntasan klasikalnya adalah 96%. Data skor postest masing-masing siswa menunjukkan peningkatan daripada skor pretest. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Saran pengembangan produk multimedia interaktif yaitu (1) dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru di sekolah untuk mengembangkan multimedia interaktif lainnya (2) multimedia interaktif ini terbatas pada materi indera pendengar untuk pengembang selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan multimedia interaktif untuk materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24956

Actions (login required)

View Item View Item