Pengaruh pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif JIGSAW terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen / Mayta Perdana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif JIGSAW terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen / Mayta Perdana

Perdana, Mayta (2014) Pengaruh pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif JIGSAW terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Kepanjen / Mayta Perdana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perdana Mayta. 2014. Pengaruh Pendekatan Kontekastual dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Biologi program studi pendidikan biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas negeri malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd. (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata kunci Pendekatan kontekstual kooperatif Jigsaw hasil belajar. Pembelajaran saat ini mengutamakan siswa untuk lebih aktif berfikir dan bertindak. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan adalah pendekatan kontekstual. Prinsip pembelajaran kontekstual adalah pengembangan kemampuan sosialisasi yang dapat dicapai dengan pembelajaran kooperatif. Jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mempunyai ciri adanya kelompok asal dan kelompok ahli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest nonequivalent control group. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kepanjen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang kegiatannya meliputi ceramah diskusi dan pengamatan. Kesetaraan kemampuan akademik siswa diuji dengan menggunakan uji T yaitu independent sample t-test. Data hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan anakova dan uji beda dengan Gain score menggunakan SPSS 16.0 for windows.Data hasil belajar afektif dan psikomotor dianalisis dengan menggunakan Uji T yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw berpengaruh positif terhadap hasil belajar Biologi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rerata hasil belajar Biologi siswa melalui pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan melalui pembelajaran konvensional (91 644 86 271). Saran untuk penelitian selanjutnya adalah sintaks pembelajaran yang akan diterapkan sebaiknya dijelaskan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan pembelajaran sehingga saat pelaksanaan tidak menghabiskan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24955

Actions (login required)

View Item View Item