Hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi pada siswa pria dan wanita kelas XI dengan penerapan strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMA Kota Malang / Rulyana Salma Rosadha - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi pada siswa pria dan wanita kelas XI dengan penerapan strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMA Kota Malang / Rulyana Salma Rosadha

Rosadha, Rulyana Salma (2014) Hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi pada siswa pria dan wanita kelas XI dengan penerapan strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMA Kota Malang / Rulyana Salma Rosadha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosadha Rulyana Salma. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Pria dan Wanita Kelas XI dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMA Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima M.Pd (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata kunci keterampilan metakognitif hasil belajar pria wanita strategi pembelajaran PBMP. Keterampilan metakognitif merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang mengarah pada kemampuan siswa untuk mengontrol aktivitas belajarnya sendiri. Jika siswa memiliki keterampilan metakognitif yang baik maka siswa tersebut akan cakap dalam mengelola kognisinya untuk merencanakan memantau dan mengevaluasi segala aktivitas pembelajaran yang dilakukan. Keterampilan metakognitif berhubungan dengan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada dasarnya menghasilkan perubahan pengetahuan keterampilan dan sikap. Hasil belajar yang masih sering digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan belajar siswa adalah hasil belajar kognitif. Siswa dengan keterampilan metakognitif yang baik akan memperoleh prestasi yang lebih baik dari pada siswa dengan keterampilan metakognitif yang rendah. Perbedaan karakteristik antara siswa pria dan wanita seperti kecenderungan sikap pria lebih agresif logis dan lebih unggul dalam bidang matematika serta sikap wanita yang lebih cenderung patuh emosional dan lebih unggul dalam kemampuan verbal dimungkinkan dapat berpengaruh terhadap pola pikirnya sehingga dimungkinkan pula adanya perbedaan pada keterampilan metakognitif dan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar Biologi pada siswa pria dan wanita kelas XI dengan penerapan strategi pembelajaran PBMP dan adakah perbedaan hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar antara siswa pria dan wanita dengan penerapan strategi pembelajaran PBMP. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Malang SMA PGRI 6 Malang dan SMA PGRI Kepanjen pada semester 1 tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa pria dan wanita dengan nilai keterandalan 71 3% dan 77 89%. Selain itu berdasarkan uji kaji beda diperoleh garis regresi pria sejajar dan berhimpit dengan garis regresi wanita hal ini menunjukkan bahwa laju dan besarnya peningkatan hasil belajar karena pengaruh keterampilan metakognitif sama antara siswa pria dan wanita. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti gender kemampuan akademik dan strategi pembelajaran memberikan pengaruh yang sama terhadap laju peningkatan hasil belajar siswa pria dan wanita. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru sebaiknya memperhatikan perbedaan gender selama pembelajaran dan menerapkan strategi PBMP. Selain itu perlu dilakukan penelitian hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar ditinjau dari gender dengan sampel yang lebih besar dan pada jenjang pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24953

Actions (login required)

View Item View Item