Pengembangan media monopoli biologi pada sub materi rangka untuk menunjang motivasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang / Bulan Permitasari Santina Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli biologi pada sub materi rangka untuk menunjang motivasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang / Bulan Permitasari Santina Putri

Putri, Bulan Permitasari Santina (2014) Pengembangan media monopoli biologi pada sub materi rangka untuk menunjang motivasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang / Bulan Permitasari Santina Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permitasari S.P Bulan. 2013. Pengembangan Media Monopoli Biologi Pada Sub Materi Rangka untuk Menunjang Motivasi Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati M.S (II) Dra. Susilowati M.S. 12288 12288 12288 12288 Kata Kunci permainan monopoli rangka validasi uji coba 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Media sangat penting dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah monopoli biologi. Setelah dilakukan observasi di kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang diketahui bahwa terdapat 20% peserta didik dengan hasil belajar di bawah KKM untuk materi sistem gerak manusia yang di dalamnya terdapat sub materi rangka. Permasalahan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor yaitu karakteristik materi yang bersifat hafalan motivasi peserta didik yang rendah model pembelajaran yang kurang tepat dengan karakter materi dan media pembelajaran yang terbatas. Oleh karena itu dikembangkan media monopoli biologi yang divalidasi oleh validator untuk mengetahui kelayakannya sebelum digunakan oleh peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan media yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan. Ada empat tahap dalam model pengembangan ini yaitu define design develop dan disseminate tetapi dalam penelitian ini hanya terbatas hingga tahap ketiga. Tahap define meliputi front-end analysis leaner analysis task analysis concept analysis dan specifying instructional. Tahap design meliputi constructing criterion-referenced tests media selection format selection dan initial design. Sementara itu tahap develop meliputi expert appraisal dan developmental testing. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi ahli media ahli materi dan praktisi lapangan diperoleh rata-rata persentase 96%. Hasil validasi ini menunjukkan bahwa media monopoli biologi yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran. Motivasi peserta didik cukup baik selama pembelajaran berlangsung. Hal ini diketahui dari hasil observasi langsung dan angket yang diisi peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba peserta didik diperoleh nilai motivasi sebesar 86 15. Ini termasuk kategori A ditinjau dengan pedoman penilaian acuan patokan Universitas Negeri Malang. Motivasi peserta didik yang baik ini menunjukkan bahwa media monopoli biologi dapat menunjang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24945

Actions (login required)

View Item View Item