Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbahasa Inggris berbasis multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo / Winda Karnila Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbahasa Inggris berbasis multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo / Winda Karnila Sari

Sari, Winda Karnila (2014) Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbahasa Inggris berbasis multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo / Winda Karnila Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Winda Karnila. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M.Ked. (II) Hendra Susanto S.Pd M.Kes. Kata kunci media pembelajaran IPA terpadu multimedia interaktif materi sistem peredaran darah tekanan dan hukum fisika 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran IPA di SMP seharusnya dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) dan Kurikulum. Tetapi kebanyakan sekolah masih memisahkan pelajaran IPA menjadi Biologi Fisika dan Kimia. Pendidik melakukan proses pembelajaran dengan media yang kurang menarik sehingga siswa tidak tertarik pada proses pembelajaran dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Multimedia dengan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar masih jarang sehingga sekolah dengan konsep bilingual agak kesulitan mencari media yang tepat untuk proses pembelajaran. Materi sistem peredaran darah manusia adalah salah satu materi yang memiliki konsep fisika dan sulit dipahami siswa. Sehubungan dengan hal tersebut salah satu alternatif untuk mengatasi masalah adalah berupa media pembelajaran IPA terpadu berbahasa inggris berbasis multimedia interaktif yang dapat menjelaskan konsep IPA secara terpadu dengan mengintegrasikan teks grafik gambar animasi dan video. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbahasa inggris berbasis multimedia interaktif dengan materi sistem peredaran darah dipadu dengan tekanan dan hukum fisika untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Ponorogo. Pengembangan produk berdasarkan prosedur pengembangan Thiagarajan dkk (1974) yang sering disebut dengan model 4D dengan 4 tahapan. Penelitian ini dibatasi sampai tahapan ke 3 yaitu tahapan Develop. Langkah terakhir pada tahapan develop adalah expert appraisal (validasi produk) dan developmental testing (uji coba produk). Validasi produk dilakukan oleh ahli media ahli materi ahli praktisi lapangan sedangkan uji coba lapangan dilakukan oleh 19 siswa kelas VIII yang telah mengikuti proses pembelajaran dengan produk multimedia interaktif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian pegembangan ini sudah menghasilkan produk media pembelajaran berbahasa inggris berbasis multimedia interaktif dengan materi sistem peredaran darah dipadu dengan tekanan dan hukum fisika. Multimedia pembelajaran interaktif ini telah divalidasi oleh ahli media ahli materi dan ahli praktisi lapangan dengan hasil sangat valid sehingga layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh tersebut disarankan supaya media pembelajaran ini diteliti lebih lanjut dengan diterapkan pada pembelajaran di kelas untuk melihat pengaruhnya pada motivasi dan ketertarikan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24944

Actions (login required)

View Item View Item