Setiawati, Ika Puspa (2013) Pengaruh metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metode brainstorming terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang / Ika Puspa Setiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setiawati Ika Puspa. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament dipadu Metode Brainstorming Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata kunci Teams Games Tournament Brainstorming motivasi belajar hasil belajar. Pembelajaran Biologi merupakan pelajaran yang bersifat dinamis karena teori-teori yang dikembangkan pada pelajaran Biologi mengacu pada fenomena-fenomena di masyarakat sehingga siswa diharapkan dapat memahami pengetahuan tersebutdan mengaplikasikan dalam wujud tindakan nyata di masyarakat. Faktanya para siswa cenderung hanya mengingat dan menghafal sehingga mengurangi minat belajar mereka terhadap pelajaran Biologi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA dan perwakilan siswa kelas XI IPA 3 dan 5 di SMA Negeri 4 Malang diperoleh informasi bahwa motivasi dan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran biologi belum seluruhnya tinggi. Sebagian besar siswa cenderung pasifdan hanya mengandalkan pendapat teman selama pembelajaran. Hasil belajar siswa juga kurang memuaskan karena kurang dari 50% siswa yang tuntas KKM. Masalah ini disebabkan oleh minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Biologi yang rendah karena materinya sulit dipahami dan metode yang digunakan guru kurang bervariatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan metode pembelajaran yang bervariatifdan berbeda dengan pembelajaran sebelumnya agar dapat diketahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran Biologi dari motivasi dan hasil belajar siswa ketika menggunakan metode pembelajaran yang biasa digunakan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metode Brainstorming terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah quasy experimentdengan Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Pada kelas ekperimen diterapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metode Brainstorming sedangkan pada kelas kontrol diterapkan metode konvensional (Diskusi Presentasi) yang keduanya dilakukan oleh peneliti yang berperan sebagai guru. Data penelitian berupa hasil observasi keterlaksanaan metode pembelajaran nilai motivasi belajar nilai pretes-postes dan nilai afektif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi metode pembelajaran angket motivasi belajar soal pretes-posttes dan lembar observasi aspek afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa pada KD sistem regulasi antara siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metodeBrainstorming dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode diskusi presentasi. Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metode Brainstorminglebih tinggi (rata-rata 3 94) daripada siswa yang dibelajarkan dengan metode diskusi presentasi (rata-rata 3 91) terutama pada aspek confidence dan satisfaction namun kedua nilai motivasi tersebut tergolong pada kategori baik. Demikian pula dengan hasil belajarnya. Hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metode Brainstorming lebih tinggi (rata-rata75 18) daripada siswa yang dibelajarkan dengan metode diskusi presentasi (rata-rata 67 82).Hasil belajar afektif siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metode Brainstorminglebih tinggi (95 77) daripada siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran Diskusi Presentasi (94 80) namun hasil belajar afektif siswa pada kedua kelas tersebut tidak berbeda signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metode Brainstorming berpengaruh secara siginifikan terhadap motivasi (terutama pada aspek kepercayaan diri dan kepuasan) dan hasil belajar Biologi pada KD Sistem Regulasi. Disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament dipadu metode Brainstorming dalam pembelajaran di kelas untuk KD-KD lainnya sebagai variasi metode dalam mengajar. Namun dalam penerapannya guru harus memahami karakter memperhatikan pengelolaan kelas dan pengorganisasian waktu agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24939 |
Actions (login required)
View Item |