Pengaruh waktu pemberian lembar kerja siswa PBL melalui strategi problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa kel;as XI MAN Kota Malang / Rudy Indranatan Susila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh waktu pemberian lembar kerja siswa PBL melalui strategi problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa kel;as XI MAN Kota Malang / Rudy Indranatan Susila

Susila, Rudy Indranatan (2013) Pengaruh waktu pemberian lembar kerja siswa PBL melalui strategi problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar kognitif biologi dan retensi siswa kel;as XI MAN Kota Malang / Rudy Indranatan Susila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susila Rudy Indranatan. 2013.Pengaruh Waktu Pemberian Lembar Kerja Siswa PBL Melalui Strategi Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi dan Retensi Siswa Kelas XI MAN Kota Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A. Duran Corebima M.Pd. (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si. Kata Kunci hasil belajar kognitif retensi waktu pemberian LKS PBL PBL. 12288 12288 12288 12288 Masalah dalam pemanfaatan sarana belajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) di sekolah merupakan salah satu pokok bahasan dalam dunia pendidikan. Waktu pemberian LKS yang tepat perlu diketahui dan dikaji dalam menentukan waktu yang sesuai. Dalam proses pembelajaran yang sudah ada LKS masih belum memiliki peran yang maksimal. Penggunaan LKS yang tepat adalah disesuaikan dengan strategi pembelajaran yang diterapkan sehingga mampu memberikan pemahaman pada siswa. Ditinjau dari partisipasi siswa dalam pembelajaran biologi masih relatif rendah. Sebagian besar siswa cenderung hanya mampu meniru apa yang dikerjakan guru. Siswa tidak mampu menggunakan buku teks secara efektif dan cenderung untuk mencatat kembali konsep-konsep yang sudah ada dalam buku teks. Hal seperti ini tentunya akan berdampak pada hasil belajar siswa. Selain berpengaruh pada hasil belajar tentunya retensi yang dimiliki oleh siswa juga akan terpengaruh. Dalam pembelajaran konstruktivisme pengetahuan adalah hasil konstruksi manusia melalui interaksi dengan objek fenomena pengalaman dan lingkungan mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan siswa memiliki bahan bacaan berupa LKS yang sudah diberikan di awal dan mampu memberikan informasi berupa permasalahan yang berkaitan dengan keseharian siswa. Masalah tersebut nantinya bisa dikaitkan dengan materi yang akan diterima oleh siswa. Pemberian LKS yang sudah diberikan di awal pembelajaran untuk keseluruhan pertemuan dan LKS dibawa oleh siswa selain memberikan bekal belajar hal ini akan memberikan sebuah konflik kognitif yang bisa terjadi melalui proses belajar atau pengetahuan diri siswa (pengetahuan awal dengan memahami masalah). Berdasarkan permasalahan tersebut penyelesaian yang dapat diajukan adalah dengan menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) Strategi PBL melibatkan semua siswa secara heterogen untuk aktif belajar. Keterlibatan aktif semua siswa dalam belajar diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan retensi siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu pemberian lembar kerja siswa PBL melalui strategi Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan retensi siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pre test Post test Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MAN Kota Malang tahun pelajaran 2012/2013 dan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 di MAN Malang 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa dan kelas XI IPA 5 di MAN Malang 1 sebagai kelas perlakuan dengan jumlah 16 siswa. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes essay. Retensi diukur dengan menggunakan tes essay dua minggu setelah perlakuan. Instrumen tes yang digunakan terlebih dahulu diuji validitasnya. Data hasil belajar kognitif dan retensi yang diperoleh dari hasil prates dan pascates selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Anakova. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Tidak ada pengaruh waktu pemberian lembar kerja siswa melalui strategi problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa dan (2) Tidak ada pengaruh waktu pemberian lembar kerja siswa melalui strategi problem based learning terhadap retensi siswa. Sintaks PBL mendominasi proses belajar siswa sehingga perbedaan waktu pemberian LKS tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan retensi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24936

Actions (login required)

View Item View Item