Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 7 Malang / Chusnia Fadhila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 7 Malang / Chusnia Fadhila

Fadhila, Chusnia (2013) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 7 Malang / Chusnia Fadhila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadhila Chusnia. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (1) Prof. Dr. A. Duran Corebima M.Pd (II) Balqis S.Pd M.Si Kata Kunci problem based learning kemampuan berpikir tingkat tinggi hasil belajar biologi 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan proses esensial yang dibutuhkan manusia untuk mencapai cita-cita dan tujuan individu itu sendiri atau masyarakat. Pendidikan juga sangat penting dalam membentuk karakter mental dan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Masalah dalam dunia pendidikan yang saat ini masih dialami adalah siswa kurang dilatih untuk mengebangkan kemampuan berpikirnya. Hal ini dikarenakan guru sains masih menganggap memberikan informasi lebih penting dibandingkan melatih kemampuan berpikir. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk mampu belajar mandiri melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga tercipta pembelajaran biologi yang bermakna adalah model problem based learning. Model PBL terpusat pada permasalahan yang relevan kepada siswa yang mengarahkan siswa untuk menemukan dan memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 7 Malang. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperiment. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa skor jawaban soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diukur dengan menggunakan rubrik kemampuan berpikir tingkat tinggi. Data hasil belajar kognitif berupa soal tes hasil belajar kognitif yang diukur dengan rubrik hasil belajar kognitif. Kedua data tersebut kemudian diuji secara statistik dengan menggunakan Anakova dengan bantuan program SPSS 17 for windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL yang diterapkan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji statistik yang dilakukan nilai signifikan untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar kognitif sebesar 0.000 yang lebih kecil dibandingkan nilai tabel sebesar 0.05. Model PBL dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa karena dalam proses menemukan dan memecahkan masalah siswa dilatih untuk melakukan penyelidikan ilmiah mengkaji literatur memberikan pendapat berdiskusi dan menyampaikan hasil pekerjaan mereka kegiatan tersebut akan menuntut siswa untuk berpikir kritis dan kreatif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan yang disajikan dalam pem-belajaran harus relevan dengan siswa agar siswa termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24935

Actions (login required)

View Item View Item