Damayanti, Yuny (2013) Pengembangan modul IPA Terpadu model shared berbasis inkuiri untuk SMP kelas VIII semester I / Yuny Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Damayanti Yuny. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Model Shared Berbasis Inkuiri Untuk SMP Kelas VIII Semester I. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Avia Riza Dwi Kurnia S.P. M.Pd. Kata kunci pengembangan modul IPA Terpadu model Shared inkuiri 12288 12288 12288 12288 Proses pembelajaran IPA Terpadu di SMP kebanyakan masih diterapkan secara terpisah antar mata pelajaran. Penerapan IPA yang masih terpisah ini terkendala salah satunya oleh ketiadaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik IPA Terpadu yaitu merupakan gabungan dari unsur-unsur fisika kimia biologi serta bumi dan antariksa. Modul IPA Terpadu yang berbasis inkuiri merupakan salah satu alternatif untuk menyelesaikan kendala tersebut. Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk modul pembelajaran IPA Terpadu model Shared berbasis inkuiri yang telah tervalidasi. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan modul IPA Terpadu dilakukan dengan langkah-langkah yang meliputi mempelajari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar bidang kajian menetapkan bidang kajian menentukan model pemaduan melakukan analisis kebutuhan membuat matriks atau bagan hubungan Kompetensi Dasar dan tema atau topik pemersatu memilih/menetapkan tema atau topik pemersatu merumusan Kompetensi Dasar hasil pemaduan merumuskan indikator pembelajaran terpadu menyusun silabus pembelajaran terpadu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran terpadu. Pengembangan modul IPA Terpadu model Shared berbasis inkuiri ini mengacu pada 10 langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall (1979). Berdasarkan pertimbangan keterbatasan waktu dan biaya maka rencana pengembangan yang dilakukan terbatas pada 5 langkah saja meliputi penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk pengembangan produk awal uji coba lapangan awal dan revisi hasil uji coba. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil validasi yang diperoleh dari tiga validator yang terdiri dari dua dosen biologi dan satu guru SMP. Instrumen data validasi berupa angket dengan skala Likert dan lembar saran. Uji coba dilakukan sebagai deskripsi keterlaksanaan uji coba modul. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini berupa modul IPA Terpadu model Shared berbasis inkuiri. Hasil validasi oleh validator ahli kurikulum ahli penerapan lapangan dan ahli materi menunjukkan persentase rata-rata 97 25% dan memiliki kriteria sangat valid. Persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 100% dengan rata-rata nilai kelas yaitu 89 72. Persentase ketuntasan belajar tersebut sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Modul IPA Terpadu model Shared berbasis inkuiri ini telah diujicobakan secara terbatas di kelas dan perlu diujicobakan pada lingkup lebih luas untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24933 |
Actions (login required)
View Item |