Analisis pengelolaan kelas dengan pendekatan pembelajaran kontekstual melalui lesson study dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif oleh calon guru biologi di SMA Negeri 7 Malang / Dwi Nur Allen

Allen, Dwi Nur (2013) Analisis pengelolaan kelas dengan pendekatan pembelajaran kontekstual melalui lesson study dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif oleh calon guru biologi di SMA Negeri 7 Malang / Dwi Nur Allen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Allen, Dwi Nur. 2013. Analisis Pengelolaan Kelas dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Melalui Lesson Study dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Efektif oleh Calon Guru Biologi di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D (II) Ir. Nugrahaningsih, M.P. Kata Kunci: pengelolaan kelas, pembelajaran kontekstual, lesson study, pembelajaran yang efektif.      Kemampuan pengelolaan kelas diperlukan seorang guru karena yang dihadapi adalah siswa yang memiliki beragam karakter yang berbeda. Kendala yang dapat timbul dari keberagaman karakter siswa menyebabkan suasana kegiatan pembelajaran tidak kondusif sehingga berdampak pada pembelajaran yang kurang efektif. Pengelolaan kelas yang dimaksud dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan guru untuk memelihara kondisi belajar yang optimal. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan adalah pendekatan kontekstual sehingga siswa dapat lebih mudah mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keterlaksanaan lesson study oleh calon guru biologi, 2) mengetahui pengelolaan kelas dengan pendekatan pembelajaran kontekstual melalui lesson study yang dilakukan oleh calon guru biologi di SMA Negeri 7 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tindakan yang dimaksud adalah tindakan yang dilakukan guru dalam mengelola kelas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan melalui lesson study. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu 1) lembar observasi keterlaksanaan lesson study, 2) lembar penilaian kemampuan pengelolaan kelas, 3) soal tes kognitif. Pada awal kegiatan pembelajaran di kelas XI IA 4, kemampuan pengelolaan kelas guru hanya 77,5%, persentase ketuntasan belajar klasikal siswa 42,5%. Setelah diberi tindakan, maka kemampuan pengelolaan kelas meningkat menjadi 94,1% dan ketuntasan belajar klasikal siswa menjadi 93% yang berarti bahwa pembelajaran berlangsung efektif. Pada awal siklus lesson study di kelas XI IA 5, persentase kemampuan pengelolaan kelas guru hanya sebesar 78,4% dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,5%. Setelah dilakukan tindakan, kemampuan pengelolaan kelas guru meningkat menjadi 95,8% dan ketuntasan belajar klasikal menjadi 88,1% yang berarti kegiatan pembelajaran berlangsung efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan lesson study dan pengelolaan kelas yang baik dapat mewujudkan kegiatan pembelajaran yang efektif. Keterlaksanaan lesson study yang meningkat juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan kelas dan pembelajaran yang efektif karena kegiatan pembelajaran dirancang secara kolaboratif berdasarkan hasil refleksi tahap see sehingga pembelajaran lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24930

Actions (login required)

View Item View Item