Kajian Lembar Kegiatan Siswa (LKS) biologi SMP/MTs kelas VII se-kecamatan Semanding Kabupaten Tuban / Jasmito - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian Lembar Kegiatan Siswa (LKS) biologi SMP/MTs kelas VII se-kecamatan Semanding Kabupaten Tuban / Jasmito

Jasmito (2013) Kajian Lembar Kegiatan Siswa (LKS) biologi SMP/MTs kelas VII se-kecamatan Semanding Kabupaten Tuban / Jasmito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jasmito. 2013. Kajian Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Biologi SMP/MTs Kelas VII Se-Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd (II) Dra. Sunarmi M.Pd. Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) biologi merupakan salah satu bahan ajar yang banyak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Struktur LKS yang baik menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas judul alokasi waktu Standar Kompetensi (SK) Kompetensi dasar (KD) indikator tujuan pembelajaran materi tugas dan evaluasi. Soal evaluasi dalam LKS yang baik memiliki sebaran tingkatan ranah kognitif C1 (mengingat) C2 (memahami) C3 (mengaplikasi) C4 (menganalisis) C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kesesuaian struktur LKS biologi SMP/MTs kelas VII se-Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban dengan standar penyusunan LKS menurut KTSP. (2) Mengetahui sebaran ranah kognitif soal evaluasi pada LKS biologi SMP/MTs kelas VII se-Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. LKS yang diteliti meliputi LKS yang digunakan SMP/MTs se-Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban yang meliputi LKS Neo Quantum terbitan Suara Media Sejahtera Pupin terbitan BSE (Buku Sekolah Elektronik) dan LKS MGMP terbitan Sigma Mandiri. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian struktur LKS dan lembar penilaian sebaran tingkatan ranah kognitif soal evaluasi pada LKS yang disusun oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesesuaian struktur LKS biologi SMP/MTs kelas VII se-Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban dengan standar penyusunan LKS menurut KTSP dari yang tinggi ke rendah adalah LKS Neo Quantum dengan persentase kesesuaian sebesar 42% dan termasuk kriteria cukup baik LKS MGMP dengan persentase kesesuaian 45% dan termasuk kriteria cukup baik LKS Pupin dengan persentase kesesuaian 26% dan termasuk kriteria kurang baik. (2) Sebaran tingkatan ranah kognitif soal evaluasi pada LKS biologi SMP/MTs kelas VII se-Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban yang tertinggi sampai pada C3 (mengaplikasikan) yaitu pada LKS Neo Quantum dengan persentase sebesar 5%. Tingkatan ranah kognitif pada LKS Pupin dan MGMP adalah sampai pada C2 (memahami) dengan persentase masing-masing sebesar 66% dan 52%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24928

Actions (login required)

View Item View Item