Penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) melalui lesson study untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Aning Mike Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) melalui lesson study untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Aning Mike Susanti

Susanti, Aning Mike (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) melalui lesson study untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Aning Mike Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanti Aning Mike. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Kelas XI Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Ibrohim M.Si (II) Dra.Amy Tenzer M.S. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together Lesson Study hasil belajar Pembelajaran Biologi yang dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 7 Malang lebih banyak menggunakan metode ceramah dan pengerjaan LKS secara individu. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Untuk itu diperlukan upaya guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan PTK dua siklus melalui Lesson Study yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di SMAN 7 Malang. Instrumen penelitian ini berupa lembar keterlaksanaan Lesson Study lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran lembar observasi afektif lembar observasi psikomotor dan tes akhir siklus. Pengambilan data keterlaksanaan pembelajaran NHT hasil belajar afektif hasil belajar psikomotor dan keterlaksanaan Lesson study dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Pengambilan data hasil belajar kognitif dengan cara tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif meningkat dari 76 5% pada siklus I menjadi 90 5% pada siklus II. Hasil belajar afektif meningkat dari 72 8% pada siklus I menjadi 85 6% pada siklus II. Hasil belajar psikomotor meningkat dari 76 3% pada siklus I menjadi 85 3% pada siklus II. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan penerapan pembela-jaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) melalui Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 7 Malang. Oleh karena itu guru atau calon guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT melalui Lesson Study karena model tersebut mampu mengatasi permasalahan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24927

Actions (login required)

View Item View Item