Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing materi sel untuk siswa kelas XI semester 1 SMA Panjuran Malang / Sri Rosidha Kusumawardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing materi sel untuk siswa kelas XI semester 1 SMA Panjuran Malang / Sri Rosidha Kusumawardani

Kusumawardani, Sri Rosidha (2013) Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing materi sel untuk siswa kelas XI semester 1 SMA Panjuran Malang / Sri Rosidha Kusumawardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumawardani Sri Rosidha. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sel untuk Kelas XI Semester 1 SMA Panjura Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Pd (II) Nuning Wulandari S.Si M.Si. Kata Kunci pengembangan modul inkuiri terbimbing materi sel Inkuiri terbimbing merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencapai pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa men capai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi selama PPL di SMA Panjura Malang guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS selama kegiatan pembelajaran. Guru juga pernah membuat sendiri LKS dan siswa mengerjakannya secara berkelompok dengan jawaban yang ditulis di buku catatan masing-masing sebagai bahan belajar siswa. Hal ini dilakukan karena siswa hanya mempunyai LKS sebagai bahan belajarnya di kelas. Walaupun ada beberapa siswa yang telah berusaha membawa buku biologi sendiri atau meminjam di perpustakaan sekolah kebanyakan siswa tidak memiliki buku paket biologi sebagai penunjang belajar-nya. Pembelajaran seperti ini membuat siswa kurang aktif dan cenderung hanya menyalin jawaban dari buku serta buku yang tersedia di perpustakaan sudah tidak sesuai dengan kurikulum saat ini. Oleh karena itu peneliti menawarkan suatu bahan ajar dalam bentuk modul yang berbasis inkuiri terbimbing untuk mengatasi masalah tersebut. Prosedur pengembangan modul menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut dalam penelitian dan pengembangan ini disederhanakan sehingga hanya dilakukan sampai tahapan ketujuh. Tahapan-tahapan tersebut yaitu melakukan penelitian pendahuluan (prasurvei) melakukan perencanaan mengembangkan jenis/ bentuk produk awal melakukan uji coba lapangan tahap awal melakukan revisi terhadap produk utama melakukan uji coba lapangan utama dan melakukan revisi terhadap produk operasional. Produk hasil penelitian dan pengembangan ini berupa modul pembelajaran Biologi berbasis inkuiri terbimbing materi sel yang terdiri dari modul panduan guru dan modul siswa yang memiliki beberapa tahapan antara lain Apakah Kamu Tahu Mari Berhipotesis Mari Mengerjakan Mari Berpikir Mari Merefleksi Bacalah Aku dan Umpan Balik. Rerata hasil validasi dari ahli materi ahli pendidikan dan praktisi lapangan serta uji coba lapangan utama berturut-turut sebesar 3 6 3 8 dan 3 8. Nilai rerata tersebut menunjukkan bahwa modul memiliki kriteria yang valid. Selain nilai rerata juga terdapat nilai pre-test dan post-test. Nilai rerata kelas untuk pre-test adalah 43 4 dan nilai rerata kelas untuk post-test sebesar 78 3. Hal ini berarti bahwa modul pembelajaran Biologi berbasis inkuiri terbimbing ini merupakan modul yang valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24919

Actions (login required)

View Item View Item