Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada matapelajaran biologi materi sistem ekskresi kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang / Juwita Ayu Laksmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada matapelajaran biologi materi sistem ekskresi kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang / Juwita Ayu Laksmi

Laksmi, Juwita Ayu (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada matapelajaran biologi materi sistem ekskresi kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang / Juwita Ayu Laksmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laksmi Juwita Ayu. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Matapelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Pendidikan Biologi. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Suarsini M.Ked (2) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si. Kata kunci Media Pembelajaran Multimedia Biologi. Pembelajaran Biologi yang dilakukan oleh guru di SMA Brawijaya Smart School Malang masih terbatas pada penggunaan buku dan woorkshet untuk materi sistem ekskresi. Hasil wawancara dengan guru dan melihat nilai ujian siswa di kelas XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School Malang diketahui bahwa masih dijumpai hasil belajar siswa yang masih rendah. Pada umumnya siswa kesulitan dalam memahami materi eksresi karena materi dirasakan masih abstrak. Ketertarikan siswa yang kurang dalam mempelajari materi sistem eksresi juga turut mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan sarana dan prasarana di kelas yang belum maksimal digunakan guru dalam pembelajaran juga mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media adalah metode pengembangan Thiagarajan. Ada empat tahap dalam model pengembangan ini tetapi dalam penelitian ini hanya terbatas hingga tiga tahap saja karena keterbatasan waktu dan biaya. Ketiga tahap tersebut meliputi tahap pendefinisian perencanaan dan pengembangan. Tahap pendefinisian meliputi analisis kebutuhan analisis siswa analisis SK dan KD analisis tujuan pembelajaran dan penentuan tujuan instruksional. Tahap perencanaan meliputi penyusunan materi pemilihan media pemilihan format dan rancangan awal. Tahap pengembangan meliputi validasi uji coba produk dan revisi. Pengujian media pembelajaran berbasis multimedia ini dilakukan oleh ahli media ahli materi dan siswa kelas XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School Malang sebagai pengguna media pembelajaran. Media yang dihasilkan berupa gambar teks animasi video dan audio yang dikemas menjadi satu produk media pembelajaran. Keunggulan media pembelajaran yang dikembangkan adalah adanya permainan drag and drop dan kuis yang dapat langsung dikerjakan oleh siswa. Berdasarkan pada hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media ahli materi dan uji coba pemakai maka diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut (1) Pada ahli media diperoleh persentase sebesar 93 33% (2) Pada ahli materi dosen diperoleh persentase sebesar 84 09% (3) Pada ahli materi guru diperoleh persentase sebesar 89 39% (4) Pada uji coba siswa diperoleh persentase sebesar 86 87%. Rata-rata hasil uji coba seluruhnya sebesar 88 42% sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia sudah sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelebihan dari produk yang dihasilkan adalah tidak memerlukan instalasi pada komputer dan kekurangan produk adalah hanya bisa dijalankan pada perangkat keras komputer atau laptop yang berbasis Operation System Windows dengan DVD room.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24918

Actions (login required)

View Item View Item