Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan pendekatan kontekstual melalui metode learning cycle 5E materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang / Martina Dwi Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan pendekatan kontekstual melalui metode learning cycle 5E materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang / Martina Dwi Wardani

Wardani, Martina Dwi (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan pendekatan kontekstual melalui metode learning cycle 5E materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang / Martina Dwi Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani Martina Dwi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Kontekstual melalui Metode Learning Cycle 5E Materi Sistem Pernapasan untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (2) Nuning Wulandari S.Si M.Si Kata Kunci Pengembangan perangkat pembelajaran pendekatan kontekstual metode learning cycle 5E sistem pernapasan 12288 12288 12288 12288 Kurikulum KTSP menganut prinsip-prinsip pendekatan kontekstual sehingga sekolah yang menganut kurikulum ini seharusnya juga menerapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. SMAN 1 Tumpang menganut pada pendekatan kontekstual namun pembelajaran di SMAN 1 Tumpang masih kurang kontekstual karena guru kurang membimbing peserta didik untuk mengaitkan materi pembelajaran yang sedang dipelajari dengan kehidupan sehari-harinya. Pembelajaran yang kurang kontekstual ini menyebabkan peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dan berdampak pada nilai peserta didik. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat menjadikan peserta didik lebih aktif untuk belajar karena peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran. Pembelajaran kontekstual ini dapat diwujudkan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual dan juga metode learning cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah megembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual melalui metode learning cycle 5E materi sistem pernapasan untuk kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Borg Gall yang terdiri dari 10 tahapan pengembangan namun pada penelitian hanya dilakukan hingga tahapan 7 saja. Tahapan tersebut adalah mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi sekolah melakukan analisis kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik mengembangkan produk melakukan validasi produk oleh ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi pembelajaran melakukan revisi produk berdasarkan hasil validasi dari para ahli melakukan validasi modul dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) oleh peserta didik dan melakukan revisi produk yang dilakukan berdasarkan hasil validasi dari peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran pada materi pembelajaran sistem pernapasan untuk kelas XI dalam bentuk silabus RPP modul Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen penilaian. Perangkat ini dikembangkan untuk digunakan guru dan peserta didik di dalam kelas. Validasi hasil pengembangan perangkat pembelajaran oleh validator ahli perangkat pembelajaran validator ahli materi pembelajaran dan validasi terhadap kelompok kecil (uji terbatas) menunjukkan persentase rata-rata kelayakan berturut-turut sebesar 94% 97% dan 91%. Ketiga hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini valid dan layak digunakan namun keefektifannya perlu diteliti lebih lanjut melalui kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24917

Actions (login required)

View Item View Item