Pengembangan modul elektronik dengan pendekatan salingtemas kompetensi ekosistem siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Devi Puspita Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik dengan pendekatan salingtemas kompetensi ekosistem siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Devi Puspita Maharani

Maharani, Devi Puspita (2013) Pengembangan modul elektronik dengan pendekatan salingtemas kompetensi ekosistem siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Devi Puspita Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maharani Devi Puspita. 2013. Pengembangan Modul Elektronik dengan Pendekatan Salingtemas Kompetensi Ekosistem untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Dr. Facthur Rohman M.Si. Kata Kunci penelitian dan pengembangan modul elektronik pendekatan salingtemas ekosistem Teknologi berdampak besar dalam berbagai kehidupan baik dibidang ekonomi sosial kesehatan maupun pendidikan. Modul elektronik dikembangkan berdasarkan adanya perkembangan teknologi di bidang pendidikan yang sangat pesat. Berdasarkan hasil wawancara di SMA Negeri 8 Malang guru sering menggunakan metode ceramah dan diskusi. Siswa menggunakan buku paket dan LKS. Buku cenderung bersifat informatif dan kurang menarik karena tidak dapat menampilkan animasi dan video sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Guru sedikit menggunakan media elektronik berupa power point dan video dalam proses pembelajaran. Modul elektronik diharapkan dapat meningkatkan minat dan ketertarikan siswa untuk mempelajari materi tentang ekosistem serta dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri sehingga siswa dapat belajar sesuai kecepatan belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul elektronik dengan pendekatan salingtemas kompetensi ekosistem untuk siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 10 langkah penelitian. Penelitian pengembangan ini hanya sampai pada 7 langkah penelitian pengembangan yaitu melakukan penelitian dan pengumpulan data melakukan perencanaan mengembangkan bentuk awal produk melakukan uji coba lapangan tahap awal melakukan revisi terhadap produk utama melakukan uji coba lapangan utama dan melakukan revisi terhadap produk operasional. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis data presentase. Hasil penelitian pengembangan berupa modul elektronik menggunakan program adobe flash yang dikemas dalam bentuk CD (terlampir di sampul belakang). Kelayakan produk didasarkan dari hasil uji coba produk yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi kemudian dilakukan uji coba lapangan utama dengan 15 siswa SMA Negeri 8 Malang kelas X-1. Modul elektronik dengan pendekatan salingtemas pada kompetensi ekosistem yang telah divalidasi layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran biologi di sekolah. Didukung oleh hasil validasi dari ahli media dengan rata-rata presentase sebesar 90% ahli materi memberikan nilai rata-rata sebesar 99% sedangkan hasil uji coba lapangan utama sebesar 96%. Rata-rata kelas untuk skor pretest dan postest yaitu 46 33 dan 87 33. Berdasarkan rata-rata skor pretest dan postest maka dapat diketahui nilai gain score sebesar 0 8 yang menunjukkan bahwa modul elektronik berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Modul elektronik ini dapat dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi sekolah yaitu ketersediaan laptop atau laboratorium komputer. Kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan komputer maupun LCD diperlukan dalam implementasi pembelajaran dengan menggunakan modul elektronik ini. Peneliti lain dapat melakukan penelitian eksperimen mengenai efektifitas produk modul elektronik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24915

Actions (login required)

View Item View Item