Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA di Kota Malang / Nurul Iva Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA di Kota Malang / Nurul Iva Andriani

Andriani, Nurul Iva (2013) Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA di Kota Malang / Nurul Iva Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriani Nurul Iva. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Coopertaive Script Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA di Kota Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. A. D. Corebima M.Pd (II) Drs. H. Triastono I. P M.Pd. Kata Kunci kemampuan berpikir kritis hasil belajar cooperative script Kecenderungan pembelajaran IPA (khususnya Biologi) pada masa kini adalah peserta didik hanya mempelajari IPA sebagai produk menghafalkan konsep teori dan hukum. Peserta didik tidak dibiasakan untuk mengembangkan potensi berpikirnya. Padahal pada pembela ja ran Biologi siswa diharapkan dapat memberdayakan kemampuan berpikirnya sehingga dapat mencapai hasil belajar yang tinggi. Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk menunjang kehidupan yang penuh tantangan di era globalisasi ini. Kegiatan pembelajaran yang cenderung menjadikan siswa untuk menghafalkan konsep mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Model pembelajaran Cooperative Script dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa dalam menganalisis merangkum dan kegiatan diskusi serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran Cooperative Script memberikan kesempatan siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya yang akan menimbulkan terjadinya kesepakatan diskusi penyampaian pendapat saling mengingatkan dari kesalahan konsep yang disimpulkan dan membuat kesimpulan bersama sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA di kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA di kota Malang semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School Malang. Instrumen penelitian terdiri atas rubrik kemampuan berpikir kritis yang terintegrasi dengan tes esai dan soal tes untuk mengases kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Tes esai dilaksanakan pada awal dan akhir pembelajaran. Data hasil penelitian kemudian dianalisis meng gunakan ANAKOVA. Pengujian terhadap konsistensi pelaksanaan sintaks pembe la jar an dilakukan dengan analisis regresi. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0 05. Seluruh analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA di kota Malang. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan metode Cooperative Script lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dalam penelitian ini peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 68 50% dan pada metode konvensional sebesar 41 36%. (2) Model pembelajaran Cooperative Script tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA di kota Malang. Hal ini dimungkinkan dapat disebabkan oleh penilaian tes hasil belajar kognitif siswa yang tidak menggunakan rubrik. Faktor lain yang mungkin terjadi dan mempengaruhi hipotesis antara lain motivasi siswa terhadap materi pelajaran kondisi sosial ekonomi kejiwaan siswa pada saat tes. Terkait hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran agar penelitian sejenis perlu dikembangkan pada berbagai jenjang pendidikan. Guru harus bersikap tegas agar pelaksanaan langkah-langkah dalam pembelajaran berjalan konsisten sesuai sintaks. Selain itu guru juga harus dapat mengatur waktu seefisien mungkin agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Guru yang akan menggunakan model Cooperative Script hendaknya melakukan perencanaan tentang setting pengelolaan kelas agar siswa tidak jenuh dalam belajar menggunakan model Cooperative Script yang berulang-ulang. Penilaian tes sebaiknya dilakukan berdasarkan rubrik penilaian agar tidak terjadi kelalaian dalam melakukan penilaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24914

Actions (login required)

View Item View Item