Implementasi pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division dipadu dengan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas X-I MAN Malang 1 / Restu Megadiana Sukoco - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division dipadu dengan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas X-I MAN Malang 1 / Restu Megadiana Sukoco

Sukoco, Restu Megadiana (2013) Implementasi pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division dipadu dengan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas X-I MAN Malang 1 / Restu Megadiana Sukoco. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sukoco Restu Megadiana. 2013. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division dipadu dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-I MAN Malang 1. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Dra. Amy Tenzer M.S. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif STAD PBL kemampuan berpikir. 12288 12288 12288 12288 Hasil wawancara dengan guru biologi siswa serta hasil observasi secara langsung di kelas X-I MAN Malang 1 ditemukan beberapa permasalahan di antaranya adalah metode pembelajaran biologi yang diterapkan cenderung teacher centered yang mengakibatkan keterampilan berpikir siswa masih rendah. Hal ini dapat diamati dari pertanyaan dan jawaban yang diajukan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih tergolong pertanyaan dengan tingkat kognitif rendah. Salah satu pembelajaran yang dianggap sesuai untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan PBL. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret 2013 sampai bulan April 2013. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-I MAN Malang 1 yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan berupa data keterlaksanaan pembelajaran PBL dipadu STAD dan data kemampuan berpikir siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas X-I MAN Malang 1. Hal ini didasarkan pada meningkatnya kemampuan berpikir siswa yang dinilai melalui tes dan non tes. Pencapaian kemampuan berpikir siswa yang dinilai melalui tes meningkat dari 31 14 pada siklus I menjadi 58 09 pada siklus II. Kemampuan berpikir siswa yang dinilai melalui nontes berupa kemampuan bertanya siswa selama pembelajaran meningkat dari 42 85% pada siklus I menjadi 77 38% pada siklus II. Sedangkan kemampuan berpikir siswa yang dinilai melalui nontes berupa kemampuan menjawab selama pembelajaran meningkat dari 54 76% pada siklus I menjadi 90 47% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan maka saran dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan PBL dapat dijadikan alternatif sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24913

Actions (login required)

View Item View Item