Permana, Fendy Hardian (2013) Analisis perpustakaan sekolah dalam memfasilitasi siswa belajar biologi si SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Fendy Hardian Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Permana Fendy Hardian. 2013. Analisis Perpustakaan Sekolah Dalam Memfasilitasi Siswa Belajar Biologi Di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd. (II) Drs. H. M. Noviar Darkuni M.Kes. Kata kunci Perpustakaan Sekolah Memfasilitasi Belajar Biologi. 12288 12288 12288 12288 Perpustakaan sekolah merupakan jendela dunia dalam mengakses segala informasi yang ada di dunia. Perpustakaan sekolah dapat dikatakan sebagai jantung kegiatan pembelajaran di sekolah. Kenyataannya masih ada sekolah di negara Indonesia belum memperhatikan secara optimal keberadaan perpustakaan sekolah dalam menunjang pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang karena sekolah ini merupakan sekolah swasta yang ada di bawah naungan Universitas Negeri Malang sehingga SMA laboratorium Universitas Negeri Malang dapat dijadikan sebagai contoh sekolah yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perpustakaan SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam memfasilitasi siswa belajar biologi. 12288 12288 12288 12288 Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X XI IPA XII IPA guru biologi kepala sekolah dan kepala perpustakaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana pengelolaan perpustakaan dan peran warga sekolah sehingga dapat dilihat bagaimana perpustakaan sekolah tersebut dalam memfasilitasi siswa belajar biologi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang sudah melaksanakan perannya dalam memfasilitasi siswa belajar biologi dimana dari segi (1) pengelolaan sarana prasarana dan koleksi sudah berjalan maksimal dan dilakukan berdasarkan ketentuan yang ada (2) peran dari warga sekolah (Kepala sekolah Kepala Perpustakaan Guru Biologi Siswa kelas X XI IPA dan XII IPA) sudah menjalankan perannya dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh bahwa perpustakaan SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang sudah dapat menjalankan perannya dalam memfasilitasi siswa untuk belajar biologi. Perpustakaan sekolah juga merupakan salah satu sarana untuk siswa belajar mencari informasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Oleh karena itu dalam pembelajaran terutama biologi sebaiknya guru mengajak siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam kegiatan pembelajaran serta semua warga sekolah juga berupaya untuk memajukan perpustakaan sekolah agar perpustakaan tersebut berjalan maksimal dalam menjalankan perannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24912 |
Actions (login required)
View Item |