Kajian implementasi penilaian hasil belajar dengan teknik nontes pada pembelajaran biologi serta kendala yang dihadapi guru SMA sederajat di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Naimatul Afifah

Afifah, Naimatul (2013) Kajian implementasi penilaian hasil belajar dengan teknik nontes pada pembelajaran biologi serta kendala yang dihadapi guru SMA sederajat di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Naimatul Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afifah, Naimatul. 2013. Kajian Implementasi Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes pada Pembelajaran Biologi serta Kendala yang Dihadapi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd, (II) Dr. Betty Lukiati, M.S. Kata kunci: Implementasi penilaian hasil belajar, teknik nontes, kendala yang dihadapi guru. Penilaian dalam Kuriku?¼lum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengacu pa?¼da standar penilaian pendidikan yang terdapat dalam Permendiknas No. 20 Tahun 2007. Kegiatan penilaian hasil belajar umumnya dilakukan melalui peng-ukuran dengan teknik tes, dan teknik nontes. Penelitian ini mengkaji implementasi kegiatan penilaian hasil belajar yang dilakukan dengan teknik nontes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi?¼kan: (1) implementasi pe?¼nilai?¼an hasil belajar dengan teknik nontes pada pem?¼belajaran biologi SMA sederajat di keca?¼matan Singosari kabupaten Ma?¼lang berdasarkan 9 prinsip penilaian yang ter?¼dapat pada Permendiknas No. 20 Tahun 2007 di kelas X, XI, dan XII tahun pel?¼ajaran 20-12/2013, dan (2) kendala yang dihadapi guru biologi da?¼lam melaksa?¼na?¼kan penilaian hasil belajar dengan teknik nontes pada pembelajaran biologi SMA se?¼de-rajat di kecamatan Si?¼ngo?¼?¼sari kabupaten Malang. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah dokumen perangkat pembelajaran semua guru biologi dan peng?¼ajar biologi SMA sederajat tahun ajar?¼an 2012/2013. Dokumen yang dianalisis adalah RPP biologi kelas X, XI, dan XII dari SMA Negeri 1 Singosari (SMA A), MA Da?¼rul Karomah (SMA B), MA Al MaÔÇÖarif (SMA C), dan SMK Terpadu Ishlahiyah (SMK D), serta skor nontes siswa. Data di?¼ambil dengan menggunakan instrumen do?¼ku?¼mentasi, angket, wawancara, dan, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar dengan teknik nontes berdasarkan Per?¼mendiknas No. 20 Tahun 2007 pada pembelajaran biologi untuk ke?¼las X, XI, dan XII SMA sederajat di ke?¼ca?¼matan Singosari kabupaten Malang sudah dilaksa?¼na?¼kan di tiap sekolah. Hasil analisis doku?¼men menunjukkan tingkat implemen?¼tasi varia?¼bel penilaian hasil be?¼la?¼jar dengan teknik nontes di kelas X, XI, dan XII termasuk kri?¼teria kurang baik; se?¼dangkan hasil jawaban angket dari gu?¼ru sebesar 75% ter?¼masuk kriteria cukup baik. Hasil analisis dokumen jika dikaitkan dengan hasil jawaban angket, wawancara, dan obser?¼vasi menunjukkan ku?¼rang sesuai. Ada dokumen yang sesuai dengan prinsip penilaian, tapi guru kurang mengimplementasi?¼kan?¼nya dalam pembelajaran biologi. Ada pula dokumen yang kurang sesuai dengan prinsip penilaian (teru?¼tama prinsip valid, menyelu?¼ruh dan ber?¼kesinambungan, serta akuntabel), sehingga guru tidak mengimple?¼menta-sikan pada pembelajaran biologi. Kendala ter?¼banyak yang dihadapi guru bio?¼logi dalam melaksa?¼nakan peni-laian hasil belajar dengan teknik non?¼tes pada pembelajaran biologi SMA sederajat di ke?¼camatan Singosari kabupa?¼ten Malang adalah kendala ke?¼?¼terbatasan wak?¼tu, serta sarana dan prasarana se?¼kolah yang kurang me?¼ma?¼dai untuk kegiatan prakti-kum, sehingga siswa tidak dapat melakukan kegiatan praktikum dan guru tidak dapat melakukan penilaian hasil belajar dengan teknik nontes terutama ranah psikomotorik. Kendala tersebut da?¼pat diatasi dengan cara guru memanajemen waktu le?¼bih efisien lagi sehingga da?¼pat menye?¼dia?¼kan waktu di tiap pertemuan kegiatan pem?¼?¼belajaran, atau me?¼minta ban?¼tuan observer misalnya teman atau rekan se?¼jawat, de?¼mon?¼s?¼?¼trasi prak?¼tikum oleh guru atau perwa?¼kilan siswa di de?¼pan kelas, atau dengan penggunaan alat dan bahan sederhana yang dapat dibawa oleh siswa dari ru?¼mah. Kendala lainnya yaitu kendala dalam me?¼milih macam atau jenis pe-nilaian hasil belajar dengan teknik nontes dan kesu?¼litan dalam membuat lembar observasi atau rubrik penilaian, serta jumlah sis?¼wa yang diamati terlalu ba?¼nyak atau sulit menilai siswa satu persatu dalam tiap per?¼temuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24910

Actions (login required)

View Item View Item