Kajian implementasi penilaian hasil belajar dengan teknik nontes pada pembelajaran biologi serta kendala yang dihadapi guru SMA sederajat di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Naimatul Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian implementasi penilaian hasil belajar dengan teknik nontes pada pembelajaran biologi serta kendala yang dihadapi guru SMA sederajat di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Naimatul Afifah

Afifah, Naimatul (2013) Kajian implementasi penilaian hasil belajar dengan teknik nontes pada pembelajaran biologi serta kendala yang dihadapi guru SMA sederajat di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Naimatul Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afifah Naimatul. 2013. Kajian Implementasi Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes pada Pembelajaran Biologi serta Kendala yang Dihadapi Guru SMA Sederajat di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata kunci Implementasi penilaian hasil belajar teknik nontes kendala yang dihadapi guru. Penilaian dalam Kuriku lum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengacu pa da standar penilaian pendidikan yang terdapat dalam Permendiknas No. 20 Tahun 2007. Kegiatan penilaian hasil belajar umumnya dilakukan melalui peng-ukuran dengan teknik tes dan teknik nontes. Penelitian ini mengkaji implementasi kegiatan penilaian hasil belajar yang dilakukan dengan teknik nontes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kan (1) implementasi pe nilai an hasil belajar dengan teknik nontes pada pem belajaran biologi SMA sederajat di keca matan Singosari kabupaten Ma lang berdasarkan 9 prinsip penilaian yang ter dapat pada Permendiknas No. 20 Tahun 2007 di kelas X XI dan XII tahun pel ajaran 20-12/2013 dan (2) kendala yang dihadapi guru biologi da lam melaksa na kan penilaian hasil belajar dengan teknik nontes pada pembelajaran biologi SMA se de-rajat di kecamatan Si ngo sari kabupaten Malang. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah dokumen perangkat pembelajaran semua guru biologi dan peng ajar biologi SMA sederajat tahun ajar an 2012/2013. Dokumen yang dianalisis adalah RPP biologi kelas X XI dan XII dari SMA Negeri 1 Singosari (SMA A) MA Da rul Karomah (SMA B) MA Al Ma arif (SMA C) dan SMK Terpadu Ishlahiyah (SMK D) serta skor nontes siswa. Data di ambil dengan menggunakan instrumen do ku mentasi angket wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar dengan teknik nontes berdasarkan Per mendiknas No. 20 Tahun 2007 pada pembelajaran biologi untuk ke las X XI dan XII SMA sederajat di ke ca matan Singosari kabupaten Malang sudah dilaksa na kan di tiap sekolah. Hasil analisis doku men menunjukkan tingkat implemen tasi varia bel penilaian hasil be la jar dengan teknik nontes di kelas X XI dan XII termasuk kri teria kurang baik se dangkan hasil jawaban angket dari gu ru sebesar 75% ter masuk kriteria cukup baik. Hasil analisis dokumen jika dikaitkan dengan hasil jawaban angket wawancara dan obser vasi menunjukkan ku rang sesuai. Ada dokumen yang sesuai dengan prinsip penilaian tapi guru kurang mengimplementasi kan nya dalam pembelajaran biologi. Ada pula dokumen yang kurang sesuai dengan prinsip penilaian (teru tama prinsip valid menyelu ruh dan ber kesinambungan serta akuntabel) sehingga guru tidak mengimple menta-sikan pada pembelajaran biologi. Kendala ter banyak yang dihadapi guru bio logi dalam melaksa nakan peni-laian hasil belajar dengan teknik non tes pada pembelajaran biologi SMA sederajat di ke camatan Singosari kabupa ten Malang adalah kendala ke terbatasan wak tu serta sarana dan prasarana se kolah yang kurang me ma dai untuk kegiatan prakti-kum sehingga siswa tidak dapat melakukan kegiatan praktikum dan guru tidak dapat melakukan penilaian hasil belajar dengan teknik nontes terutama ranah psikomotorik. Kendala tersebut da pat diatasi dengan cara guru memanajemen waktu le bih efisien lagi sehingga da pat menye dia kan waktu di tiap pertemuan kegiatan pem belajaran atau me minta ban tuan observer misalnya teman atau rekan se jawat de mon s trasi prak tikum oleh guru atau perwa kilan siswa di de pan kelas atau dengan penggunaan alat dan bahan sederhana yang dapat dibawa oleh siswa dari ru mah. Kendala lainnya yaitu kendala dalam me milih macam atau jenis pe-nilaian hasil belajar dengan teknik nontes dan kesu litan dalam membuat lembar observasi atau rubrik penilaian serta jumlah sis wa yang diamati terlalu ba nyak atau sulit menilai siswa satu persatu dalam tiap per temuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24910

Actions (login required)

View Item View Item