Laili, Jamilatul (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis WEB pada materi sistem pernapasan untuk kelas XI IPA SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi-Malang / Jamilatul Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Bahan Ajar Web Sistem Pernapasan Permasalahan yang timbul pada saat pembelajaran Biologi di SMA Al-Rifa ie adalah siswa sulit memahami materi yang bersifat proses. Permasalahan tersebut membuat siswa kurang tertarik saat pembelajaran Biologi. Ketersediaan fasilitas internet di sekolah belum dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang kegiatan pembelajaran Biologi. Pemanfaatan bahan ajar berbasis web dapat memberikan salah satu alternatif solusi untuk memahami materi yang bersifat proses seperti materi sistem pernapasan. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan produk bahan ajar berbasis web pada materi sistem pernapasan untuk siswa kelas XI SMA Al-Rifa ie Gondanglegi yang memenuhi kriteria kelayakan. Model pengembangan bahan ajar berbasis web menggunakan model 4D menurut Thiagarajan S. Semmel D.S Semmel M.I (1974) yang meliputi empat tahap pengembangan. Penelitian dilakukan di SMA Al-Rifa ie Gondanglegi-Malang. Subyek coba terdiri dari validator ahli materi media praktisi lapangan dan 30 responden uji coba. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert. Data hasil uji coba terdiri dari data kuantitatif berupa angka 4 3 2 atau 1 dan data kualitatif berupa kritik dan saran. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis persentase. Data kualitatif dipertimbangkan untuk merevisi produk. Bahan ajar berbasis web materi sistem pernapasan menggunakan perangkat Learning Management System (LMS) open source moodle versi 2.3. Materi sistem pernapasan yang ditampilkan dalam bentuk web page power point video dan gambar yang mendukung sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi tersebut. Aktifitas yang dapat digunakan adalah forum diskusi dan chat yang dapat melatih siswa menyampaikan ide/ pendapat dan menanyakan hal yang belum dipahami sehingga dapat mengatasi permasalahan siswa dalam berkomunikasi dengan guru maupun antar siswa. Kuis dan assignment dapat membantu guru dalam mengetahui pemahaman siswa tentang materi pembelajaran serta dapat menjadi sarana untuk menilai tugas yang diunggah siswa. Hasil penilaian angket validasi ahli materi ahli media praktisi lapangan berturut-turut memperoleh persentase skor sebesar 86 31% 81 25% 95 26% dan responden uji coba mendapatkan persentase skor sebesar 88 11%. Berdasarkan hasil angket validasi tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbasis web materi sistem pernapasan termasuk kriteria valid/ layak dengan kategori A dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24909 |
Actions (login required)
View Item |