Pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada kompetensi ciri-ciri dan jenis-jenis jamur untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Rizki Yudha Sentika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada kompetensi ciri-ciri dan jenis-jenis jamur untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Rizki Yudha Sentika

Sentika, Rizki Yudha (2013) Pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada kompetensi ciri-ciri dan jenis-jenis jamur untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Rizki Yudha Sentika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul jamur inkuiri terbimbing hasil belajar. Sekolah Menengah Atas (SMA) sesuai UU Sisdiknas merupakan pendidikan menengah yang bertujuan memperluas pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan baik bila sekolah memiliki kelengkapan sarana pembelajaran. Salah satu sarana pembelajaran yang penting adalah bahan ajar. Berdasarkan hasil wawancara di SMA N 8 Malang diketahui bahwa sekolah ini menggunakan buku paket BSE (Buku Sekolah Elektronik) dan download dari internet. Dengan bahan ajar tersebut terdapat materi yang terlalu banyak menyebabkan tidak terjadi proses penyampaian pesan yang efektif dan efisien sehingga siswa mudah mengeluh. Berdasarkan hasil wawancara juga diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi jamur. Penyajian dengan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep sains kreativitas dan keterampilan menganalisis informasi karena siswa dituntut secara mandiri menemukan konsep materi yang dipelajari. Pembelajaran inkuiri ini sesuai dengan karakteristik materi jamur yang dapat diamati dan dipelajari melalui percobaan / pengamatan fakta sehari-hari. Pembelajaran menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing untuk kompetensi ciri-ciri dan jenis-jenis jamur dapat memudahkan siswa untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu dilakukan pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada kompetensi ciri-ciri dan jenis-jenis jamur untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan 4-D yang memiliki 4 tahap (define design develop dan disseminate). Pengembangan modul ini dilakukan sampai pada tahap ketiga. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli pendidikan ahli materi ahli penerapan lapangan (guru) dan siswa. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum mengerjakan modul diberi pretest dan setelah mengerjakan modul diberikan postest. Hasil yang didapat dari validator ahli pendidikan dan ahli penerapan lapangan diperoleh nilai sebesar 90 732% untuk modul siswa dan 97 116% untuk modul guru hal ini berarti modul jamur masuk kriteria sangat valid. Sedangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli materi 89 286% sehingga aspek materi modul Jamur masuk kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji keterbacaan oleh siswa 96 444% sehingga modul siswa masuk kriteria sangat valid. Sedangkan untuk hasil belajar yang didapat siswa terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 0% menjadi 68 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item