Amelia, Yunida Risqe (2013) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Malang / Yunida Risqe Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Lesson Study motivasi hasil belajar Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan siswa dan guru bidang studi Biologi kelas VII SMP Negeri 16 Malang pada bulan Januari-Maret 2012 diketahui bahwa keadaan pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton guru sering menggunakan metode ceramah. Selain itu siswa cenderung pasif dalam belajar dan motivasi belajar siswa masih rendah. Kemampuan akademik siswa tergolong rendah dari 46 siswa yang ada hanya 48% yang tuntas belajar. Hal ini menunjukkan masih banyak siswa yang masih belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan oleh sekolah. Cara mengatasi permasalahan yang timbul di kelas adalah dengan mencari jalan keluar agar pembelajaran lebih efektif. Salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 16 Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII G sebagai kelas kontrol (diajar dengan pembelajaran konvensional berbasis lesson study) dan kelas VII H sebagai kelas perlakuan (diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah anakova untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil bahwa siswa kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study mempunyai rerata peningkatan motivasi 2.70% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar dengan mengggunakan strategi pembelajaran konvensional berbasis lesson study. Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukkan dengan hasil bahwa siswa kelas perlakuan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study mempunyai rerata peningkatan hasil belajar kognitif 7.12% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional berbasis lesson study. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lesson study memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24906 |
Actions (login required)
View Item |