Pembelajaran menggunakan mind map berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School / lailatul Maqfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menggunakan mind map berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School / lailatul Maqfiroh

Maqfiroh, Lailatul (2013) Pembelajaran menggunakan mind map berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School / lailatul Maqfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maqfiroh Lailatul. 2012. Pembelajaran Menggunakan Mind Map Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Brawijaya Smart School. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Avia Riza Dwi Kurnia S.P. M.Pd. Kata Kunci Mind Map Lesson Study Motivasi Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan observasi pada pembelajaran biologi di SMA BSS Malang guru telah menerapkan model kooperatif dalam proses pembelajarannya tetapi metode yang digunakan masih belum mengasah kreativitas dan keaktifan siswa untuk dapat memahami materi. Motivasi belajar siswa rendah terlihat dari hasil observasi awal nilai rata-rata motivasi siswa sebesar 3 03 dan hasil ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 20%. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa maka dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran menggunakan Mind Map berbasis Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar biologi siswa melalui pembelajaran menggunakan Mind Map berbasis LS 2) meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui pembelajaran menggunakan Mind Map berbasis LS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis LS yang dilakukan guru dan mahasiswa dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri dari 2 siklus PTK. Pada siklus PTK yang pertama terdapat 3 siklus LS dan pada siklus PTK yang kedua terdapat 2 siklus LS. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA BSS Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi angket dokumentasi LS (tahap plan do see) dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) taraf keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Mind Map mengalami peningkatan yaitu dari 79% pada siklus I menjadi 87 5% pada siklus II 2) taraf keterlaksanaan Lesson Study mengalami peningkatan yaitu dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II 3) nilai rata-rata motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 mengalami peningkatan dari motivasi belajar biologi awal sebesar 3 03 dengan kriteria cukup kemudian mengalami peningkatan menjadi 3 57 dengan kriteria baik pada siklus I dan kembali mengalami peningkatan menjadi 4 53 dengan kriteria sangat baik pada siklus II 4) ketuntasan belajar klasikal siswa kelas XI IPA 2 di awal sebesar 20% kemudian mengalami peningkatan menjadi 61 90% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 85 71% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Mind Map berbasis LS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA Brawijaya Smart School. Dengan demikian perlu lebih dikembangkan kembali pembelajaran dengan menggunakan metode yang lebih bervariasi melalui kegiatan Lesson Study dan sebaiknya kegiatan LS ini dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24903

Actions (login required)

View Item View Item