Perbedaan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang berdasarkan jender dengan penerapan strategi jigsaw / Agung Pambudiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang berdasarkan jender dengan penerapan strategi jigsaw / Agung Pambudiono

Pambudiono, Agung (2013) Perbedaan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang berdasarkan jender dengan penerapan strategi jigsaw / Agung Pambudiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pambudiono Agung. 2013. Perbedaan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang Berdasarkan Jender dengan Penerapan Strategi Jigsaw. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci kemampuan berpikir hasil belajar jender Jigsaw 12288 12288 12288 12288 Masalah kemajemukan siswa di sekolah merupakan salah satu pokok bahasan penelitian dalam dunia pendidikan. Perbedaan yang cukup tampak terutama di lingkungan sekolah setingkat SMA adalah perbedaan jender. Siswa laki-laki dan perempuan ternyata berbeda dalam beberapa hal. Beberapa perbedaan tersebut diantaranya perbedaan secara fisik keterampilan spasial kemampuan verbal tingkat agresivitas dan motivasi. Perbedaan jender tersebut tampaknya berdampak pada cara siswa belajar sehingga dimungkinkan akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Selain mempengaruhi hasil belajar perbedaan jender diperkirakan juga berpengaruh pada kemampuan berpikir siswa. Padahal kemampuan berpikir juga berkaitan erat dengan pencapaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu kiranya seorang guru memilih strategi pembelajaran yang mengakomodasi segala perbedaan yang ada di dalam kelas termasuk perbedaan jender. Berdasarkan permasalahan tersebut penyelesaian yang dapat diajukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw. Strategi Jigsaw melibatkan semua siswa secara heterogen untuk aktif belajar. Keterlibatan aktif semua siswa dalam belajar diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa berdasarkan jender dengan penerapan strategi Jigsaw. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pre test Post test Nonequivalent Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Malang pada semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian adalah seluruh kelas pada kelas X SMAN Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2012/2013 dan sampel penelitian adalah kelas X.3 yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes essay. Instrumen tes yang digunakan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Data kemampuan berpikir dan hasil belajar yang diperoleh dari hasil pre test dan post test selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Anakova. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Tidak ada perbedaan kemampuan berpikir siswa kelas X SMAN Negeri 7 Malang berdasarkan jender dengan penerapan strategi Jigsaw dan (2) Ada perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN Negeri 7 Malang berdasarkan jender dengan penerapan strategi Jigsaw. Perbedaan kemampuan berpikir dan hasil belajar berdasarkan jender perlu diteliti lebih lanjut pada jenjang pendidikan yang berbeda. Selain itu pengukuran kemampuan berpikir dengan indikator kemampuan berbahasa membutuhkan kecermatan yang tinggi. Oleh karena itu disarankan agar lebih teliti dalam melakukan penskoran pada penelitian selanjutnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24901

Actions (login required)

View Item View Item