Handayani, Suhar Kartika (2013) Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dan jigsaw terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah kelas X SMA Laboratorium UM dan SMA PGRI Lawang / Suhar Kartika Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handayani Suhar Kartika. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Jigsaw terhadap Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah Kelas X SMA Laboratorium UM dan SMA PGRI Lawang. Skripsi Jurusan Biologi. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M. Pd. (II) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. Kata kunci reciprocal teaching jigsaw keterampilan metakognitif hasil belajar retensi keterampilan metakognitif retensi hasil belajar kemampuan akademik rendah. Pola penerimaan siswa baru yang menetapkan syarat penerimaan berbasis MPL (Minimal Passing Level) UAN menyebabkan munculnya SMA berkualifikasi tinggi dan SMA berkualifikasi rendah. Hal ini menyebabkan pada SMA berkualifikasi rendah berkumpul siswa dengan kemampuan akademik rendah yang memiliki keterampilan metakognitif hasil belajar biologi dan retensi yang rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran reciprocal teaching dan jigsaw. Strategi reciprocal teaching berpotensi meningkatkan keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa. Strategi jigsaw dapat membuat pemahaman akan konsep menjadi semakin kuat dan melekat dalam ingatan jangka panjang siswa. Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dan jigsaw terhadap keterampilan metakognitif siswa 2) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dan jigsaw terhadap hasil belajar siswa 3) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dan jigsaw terhadap retensi siswa. Rancangan penelitian adalah eksperimental semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah strategi pembelajaran (reciprocal teaching dan jigsaw). Variabel terikat adalah keterampilan metakognitif hasil belajar biologi dan retensi siswa. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Laboratorium UM dan kelas X SMA PGRI Lawang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-7 SMA Laboratorium UM dan siswa kelas X-3 SMA PGRI Lawang. Keterampilan metakognitif diukur dengan tes tulis uraian dengan rubrik penskoran keterampilan metakognitif yang terintegrasi dengan tes tertulis. Hasil belajar diukur dengan tes tulis uraian dengan rubrik penskoran hasil belajar kognitif. Retensi diukur dengan tes tertulis dua minggu setelah perlakuan. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil saat pretest post-test dan retensi (dua minggu setelah perlakuan). Uji hipotesis menggunakan anacova dengan taraf signifikansi 0 05. Sebelum diuji anacova dilakukan uji normalitas data dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas data dengan uji Levene s. Hasil penelitian adalah 1) Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif 2) Strategi pembelajaran tidak berpengaruh terhadap hasil belajar 3) Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap retensi. Strategi jigsaw dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan retensi lebih baik disarankan bagi guru untuk mencoba mengimplementasikan strategi jigsaw pada siswa berkemampuan akademik rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24899 |
Actions (login required)
View Item |