Pengembangan website ajar berbasis internet pada materi tumbuhan (kingdom plantae) untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Talun - Blitar / Riyawan Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan website ajar berbasis internet pada materi tumbuhan (kingdom plantae) untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Talun - Blitar / Riyawan Wahyudi

Wahyudi, Riyawan (2013) Pengembangan website ajar berbasis internet pada materi tumbuhan (kingdom plantae) untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Talun - Blitar / Riyawan Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Website Ajar Internet Materi Tumbuhan Proses pembelajaran Biologi kelas X yang dilakukan di SMA Negeri I Talun menggunakan metode tradisional dengan metode ceramah diskusi dan presentasi. Kegiatan praktikum materi tumbuhan belum maksimal karena kurangnya bahan amatan yang tersedia. Ketersediaan jaringan wifi di sekolah belum dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Website ajar berbasis internet dapat memberikan solusi dari permasalahan dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan website ajar berbasis internet pada materi tumbuhan yang dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar pendukung selain buku teks. Pembuatan website ajar menggunakan Learning Management System (LMS) dengan software moodle versi 2.4. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D menurut Thiagarajan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada validator dan siswa. Validator terdiri dari ahli media ahli materi dan ahli lapangan. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada siswa SMA Negeri I Talun-Blitar kelas X berjumlah 30 siswa. Data kuantitatif berupa skor penilaian validator dan siswa berdasarkan skala Likert. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran yang diberikan validator dan siswa. Website ajar berbasis internet materi tumbuhan terdiri dari materi berupa teks gambar dan video yang dikemas dalam tampilan yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar secara mandiri. Penggunaan LMS memberikan fasilitas proses pembelajaran yang lengkap untuk mendukung proses pembelajaran. Aktivitas chat dan discussion forrum memberikan kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat dan melatih siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Quiz dan assigment mengajak siswa untuk berlatih mengerjakan soal dan mengerjakan tugas sebagai pengganti worksheet-paper. Hasil penilaian website ajar oleh ahli media ahli materi dan ahli lapangan mendapat persentase 84 38% 83 82% dan 89 05% yang termasuk kriteria valid. Data uji coba kelompok kecil yang dilakukan mendapatkan nilai angket dengan persentase 84 13% dengan kriteria valid. Berdasarkan persentase penilaian angket oleh validator dan siswa menunjukkan bahwa produk website ajar berbasis internet materi tumbuhan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebagai sumber belajar pendukung selain buku teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24896

Actions (login required)

View Item View Item