Pengaruh strategi pembelajaran (PBL dan RT) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah kelas X pada SMA yang berbeda / Novitasari Anggraini Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran (PBL dan RT) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah kelas X pada SMA yang berbeda / Novitasari Anggraini Putri

Putri, Novitasari Anggraini (2013) Pengaruh strategi pembelajaran (PBL dan RT) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah kelas X pada SMA yang berbeda / Novitasari Anggraini Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Novitasari Anggraini. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan RT terhadap Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah Kelas X pada SMA yang Berbeda. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima M. Pd (II) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. Kata Kunci PBL RT keterampilan metakognitif hasil belajar retensi kemampuan akademik Sistem perekrutan siswa baru di Sekolah Menengah Atas Kota Malang yang berbasis MPL (Minimal Passing Level) menyebabkan adanya polarisasi kemampuan akademik pada satu sekolah. Akibatnya terdapat sekolah yang memiliki kemampuan akademik tinggi dan ada sekolah yang memiliki kemampuan akademik rendah. Sekolah yang berkemampuan akademik rendah memiliki beberapa masalah antara lain keterampilan metakognitif rendah yang menyebabkan hasil belajar kognitif dan retensi yang rendah. Perlu dilakukan suatu tindakan nyata untuk mengatasi masalah-masalah yang dialami sekolah akademik rendah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PBL dan RT terhadap keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif dan retensi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Research) dengan pola non equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di SMA Darul Ulum Agung Malang dan SMA Laboratorium UM. Sampel yang diambil adalah kelas X pada SMA Darul Ulum Agung dan kelas X-7 SMA Laboratorium UM. Data yang didapatkan berupa nilai keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif melalui pretes postes dan retensi menggunakan 20 soal uraian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa rubrik keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Analisis data dimulai dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas untuk kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan anakova. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Tidak ada pengaruh antara strategi pembelajaran PBL dan RT terhadap keterampilan metakognitif siswa berkemampuan akademik rendah. Ada pengaruh antara strategi pembelajaran PBL dan RT terhadap hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik rendah. Peningkatan hasil belajar kognitif lebih rendah 30 47% pada penerapan strategi PBL daripada strategi RT. Tidak ada pengaruh antara strategi pembelajaran PBL dan RT terhadap retensi keterampilan metakognitif namun ada pengaruh antara strategi pembelajaran terhadap retensi hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah. Peningkatan retensi hasil belajar kognitif 21 95% lebih tinggi pada strategi PBL daripada strategi RT. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran PBL dan RT dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan retensi hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24895

Actions (login required)

View Item View Item