Penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Batu kelas XI / Henyta Agustina

Agustina, Henyta (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Batu kelas XI / Henyta Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustina, Henyta. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan Inkuiri Terbimbing melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Ne?¼geri 1 Batu Kelas XI. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd, (II) Siti Imroatul Maslikah, S.Si, M.Si. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together, inkuiri terbimbing, Lesson Study, motivasi, hasil belajar Pembelajaran Biologi di kelas XI IPA 2 SMA1 Batu me?¼nunjukkan bahwa siswa lebih banyak menerima penjelasan materi (cera?¼m?¼ah) de?¼ngan dipadukan me-lalui kegia?¼t?¼an mengerjakan LKS secara individu da?¼lam proses pembelajaran. Hal ini membuat siswa merasa bosan dan mo?¼?¼?¼tivasinya rendah da?¼lam mengikuti pe?¼la-jaran. Hal ini terlihat dari beberapa in?¼dikator, yaitu: kurangnya keter?¼tarikan siswa terhadap pelajaran, hanya sedikit sis?¼wa yang mendengarkan penjelasan gu?¼ru, ber-tanya, dan menjawab pertanyaan dari guru sehingga kurang terlibat mak?¼si?¼mal da-lam pembelajaran, adanya beberapa siswa yang tertidur dan menyan?¼dar?¼kan kepa?¼la-nya di meja saat guru menjelaskan pelajaran, ada beberapa siswa yang ha?¼nya diam atau melamun, siswa masih kesulitan jika guru me?¼nanyakan ke?¼ter?¼kaitan ma?¼teri dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya motivasi itu disebab?¼kan kecen?¼de?¼rungan pola pembela?¼jaran yang masih belum berpusat ke?¼pada siswa (teacher centre) dan ke?¼cen?¼derung?¼an untuk mengerjakan LKS secara individu yang terjadi hampir setiap kali perte?¼muan, sehingga siswa memiliki mo?¼tivasi yang ren?¼dah. Mo?¼ti?¼vasi belajar sangat penting untuk siswa, karena motivasi belajar yang rendah ini berdam?¼pak pada hasil belajar siswa. Mengacu pada pembelajaran konstruktivisme dan Peraturan Menteri Pen-didikan Nasional, solusi yang paling tepat adalah memadukan model pembe?¼laja?¼r?¼an Numbered Heads Together (NHT) dan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hal itu disebabkan IPA merupa?¼kan wahana untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang sebaiknya diarahkan secara inkuiri (scientific inquiry). Lesson Study merupakan upaya peningkatan pem?¼belajaran yang dilaku?¼kan secara kolaboratif, melalui tahapan plan, do, see. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu inkuiri terbimbing melalui Lesson Study di SMAN 1 Batu. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian ini berupa lembar keterlaksanaan Lesson Study, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, lembar observasi mo?¼ti-vasi, angket motivasi, lembar observasi psikomotor, dan tes akhir siklus. Ana?¼li?¼sis data yang digunakan adalah mengelompokkan data, memaparkan, dan mena?¼rik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar Biologi setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan, rata-rata motivasi siswa ku-rang. Setelah diberi tindakan, terdapat peningkatan attention sebesar 13,98%. Peningkatan relevance sebesar 18,03%. Peningkatan confidence sebesar 19,82% dan satisfaction sebesar 24,86%. Peningkatan tersebut berdasarkan lembar obser-vasi motivasi. Berdasarkan angket motivasi, terdapat peningkatan attention sebe?¼sar 22,78%, peningkatan relevance sebesar 16,41% , peningkatan confidence se?¼be?¼sar 20,12% dan satisfaction sebesar 15,81%. Pada siklus I persentase ketun?¼tas?¼an klasikal hasil belajar kognitif adalah 65,52%. Kemudian pada siklus II, persen?¼tase ketuntasan klasikalnya mencapai 93,10%. Berdasarkan data tersebut dapat di-katakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kognitif dari siklus I ke siklus II sebesar 27,58%. Persentase hasil belajar psikomotor pada siklus I adalah 76,01% sedangkan pada siklus II sebesar 89,08%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pe?¼ning?¼-katan psikomotor sebesar 13,07%. Hasil ini membuktikan bahwa dengan menerapkan perpaduan pembela?¼ja?¼ran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan inkuiri ter?¼bim?¼bing melalui Lesson Study dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Batu. Untuk para guru atau calon guru disarankan untuk me?¼ne-rapkan perpaduan antara pembelajaran kooperatif NHT dengan inkuiri terbim?¼bing melalui Lesson Study karena metode tersebut mampu mengatasi per?¼masa?¼lah?¼an motivasi dan hasil belajar siswa. Solusi untuk lamanya alokasi waktu pada saat pemanggilan nomor adalah dengan memilih siswa yang memiliki jawa?¼ban yang berbeda. Solusi untuk siswa yang kesulitan merumuskan masalah adalah mem-biasa?¼kan pembelajaran inkuiri dan membimbing siswa. Metode da?¼?¼lam penelitian ini tetap sehingga untuk mengurangi kebosanan pada siswa dapat diatasi dengan membuat media pembelajaran yang kreatif, kegiatan pembelajaran yang inovatif, dan penggantian kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24894

Actions (login required)

View Item View Item