Hubungan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas X dengan penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang / Dyah Ratna Fauziyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas X dengan penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang / Dyah Ratna Fauziyah

Fauziyah, Dyah Ratna (2013) Hubungan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas X dengan penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang / Dyah Ratna Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauziyah Dyah Ratna. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Retensi Siswa Kelas X Dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd Kata kunci keterampilan metakognitif hasil belajar retensi Think Pair Share. Pembelajaran Biologi yang dilakukan di sekolah umumnya masih belum memberdayakan potensi siswa secara optimal. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemberdayaan berpikir siswa karena mayoritas persepsi pembelajaran Biologi cenderung mengetahui dan menghafal materi. Akibatnya siswa hanya mempelajari biologi pada tingkatan kognitif rendah saja. Kemampuan berpikir tentang proses berpikir yang melibatkan berpikir tingkat tinggi dikenal dengan metakognitif. Keterampilan metakognitif mempengaruhi cara berpikir siswa sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi hasil belajar kognitif dan kemampuan siswa untuk menyimpan memori tentang hal yang dipelajari yang lebih dikenal sebagai retensi. Strategi pembelajaran yang direkomendasikan untuk memberdayakan keterampilan metakognitif adalah strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) karena berpotensi memberdayakan keterampilan metakognitif sehingga diharapkan dapat meningkatkan tidak hanya hasil belajar saja tetapi juga meningkatkan retensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar Biologi dan retensi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran TPS. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMA di Malang tahun ajaran 2012/2013 semester ganjil. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 SMA Negeri 6 Malang. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS for MS WINDOWS dengan analisis korelasi regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif. Besarnya sumbangan yang diberikan oleh keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif sebesar 32 5% dengan koefisien korelasi sebesar 0 570. Berdasarkan hasil uji regresi didapatkan persamaan garis regresi Y 0 816X 11 802. Ada hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognitif dengan retensi siswa. Besarnya sumbangan yang diberikan oleh retensi keterampilan metakognitif terkoreksi terhadap retensi hasil belajar kognitif terkoreksi sebesar 46 1% dengan koefisien korelasi sebesar 0 679. Berdasarkan hasil uji regresi didapatkan persamaan garis regresi Y 0 834X 11 078. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa strategi pembelajaran TPS berpotensi memberdayakan keterampilan metakognitif. Namun perlu adanya penelitian lanjutan terkait hubungan antara keterampilan metakognitif dengan retensi siswa khususnya pada penerapan strategi pembelajaran TPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24893

Actions (login required)

View Item View Item