Ardila, Cahyani (2013) Hubungan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas X dengan penerapan strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang / Cahyani Ardila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ardila Cahyani. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D.Corebima M.Pd (2) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd Kata Kunci keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif retensi PBMP Keterampilan metakognitif merupakan salah satu faktor penting dalam kesuskesan pembelajaran. Siswa yang memiliki keterampilan metakognitif tinggi hasil belajarnya juga akan tinggi. Hasil belajar yang tinggi ini tentunya akan lebih bermakna jika dapat bertahan di otak lebih lama atau dikenal dengan daya retensi siswa. Hal tersebut membuat metakognitif penting untuk dimililiki siswa. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan hal yang berbeda. Keterampilan metakognitif siswa di SMAN 9 Malang belum berkembang dengan baik. Kemandirian dan kesadaran mereka untuk belajar masih kurang. Pembelajaran di kelas pun cenderung membuat mereka pasif sehingga keterampilan berpikir dan metakognitifnya pun belum terlatih dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) hubungan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif siswa (2) hubungan keterampilan metakognitif terhadap retensi siswa pada pembelajaran Biologi dengan penerapan strategi PBMP. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi adalah seluruh kelas X SMA di Malang. Sampel adalah siswa kelas X-6 SMAN 9 Malang tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan pretes postes dan tes retensi (3 minggu setelah postes). Keterampilan metakognitif diukur dengan rubrik keterampilan metakognitif yang terintegrasi dengan tes esay. Data yang telah dianalisis dengan teknik korelasi regresi menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif dengan penerapan strategi PBMP sumbangan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif adalah 52 9% dengan koefisien korelasi 0 727 persamaan regresinya adalah Y 0 857X 17 904 (2) tidak ada hubungan keterampilan metakognitif terhadap retensi. Saran bagi guru dan peneliti berikutnya adalah (1) penerapan strategi PBMP selama satu semester dapat membuat siswa merasa bosan sehingga perlu dipertimbangkan untuk memadukannya dengan berbagai strategi kooperatif lain (2) peran guru dalam membangkitkan motivasi siswa sangat diperlukan agar siswa memiliki motivasi dalam menyelesaikan LS PBMP miliknya (3) faktor kedisiplinan dan kreatifitas guru dalam memunculkan pertanyaan-pertanyaan sangat diperlukan agar pembelajaran tidak dilakukan secara informatif terutama terhadap istilah-istilah yang tidak dimengerti oleh siswa dan pertanyaan yang muncul dari siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24892 |
Actions (login required)
View Item |