Studi tentang pengembangan program pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran biologi berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA se-Kota Banyuwangi / Selfi Ratnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pengembangan program pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran biologi berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA se-Kota Banyuwangi / Selfi Ratnawati

Ratnawati, Selfi (2013) Studi tentang pengembangan program pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran biologi berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA se-Kota Banyuwangi / Selfi Ratnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ratnawati Selfi. 2013. Studi Tentang Pengembangan Program Pembelajaran Dan Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di SMA Se-Kota Banyuwangi. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Masjhudi M.Pd (II) Drs. Sarwono M.Pd. Kata Kunci program pembelajaran pelaksanaan pembelajaran Biologi KTSP Banyuwangi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan perbaikan kurikulum. BSNP (2006 4) menyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu . BSNP (2006 4) menyebutkan bahwa KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan kalender pendidikan silabus dan RPP . Pada KTSP pengembangan silabus dan RPP didasarkan pada potensi dan kondisi daerah masing-masing sekolah. Pemahaman guru mengenai kurikulum memegang peranan penting untuk mengimplementasikan suatu kurikulum termasuk KTSP. Berkaitan dengan itu maka perlu dilakukan penelitian terhadap guru untuk daerah Banyuwangi tentang pengembangan program pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan program pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran biologi berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA se-Kota Banyuwangi. Sekolah yang menjadi tempat penelitian berjumlah 8 sekolah dengan total responden 19 orang guru yang mengajarkan materi biologi pada jenjang SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yaitu data yang diperoleh berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan perhitungan matematis dan bersifat deskriptif yaitu mendeskripsikan tentang pengembangan program pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran oleh guru biologi di jenjang SMA se-Kota Banyuwangi. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen utama yaitu angket penelitian dan pedoman wawancara terstruktur yang digunakan untuk mendapatkan data tertentu yang alamiah (bukan buatan). Penelitian tentang pengembangan program pembelajaran biologi yang disusun oleh guru di SMA se-Kota Banyuwangi meliputi tujuh indikator yaitu (a) upaya guru dalam membuat perangkat pembelajaran (b) komponen perangkat pembelajaran (c) upaya guru dalam mengatasi kesulitan pada pembuatan perangkat pembelajaran (d) komponen dan langkah-langkah pengembangan silabus (e) pengembangan prota dan pengembangan promes (f) komponen dan langkah-langkah pengembangan RPP (g) upaya guru dalam memperoleh informasi tentang metode pendekatan dan model pembelajaran. Penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran biologi yang dilakukan oleh guru di SMA se-Kota Banyuwangi meliputi sebelas indikator yaitu (a) penerapan metode pendekatan dan model pembelajaran (b) kesulitan dalam penerapan metode pendekatan dan model pembelajaran (c) upaya guru dalam menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna (d) penggunaan sumber belajar (e) penggunaan media pembelajaran (f) penggunaan sarana sekolah (g) penggunaan bahan ajar (h) pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran (i) ciri-ciri soal dan tugas yang diberikan kepada siswa (j) evaluasi (penilaian siswa) (k) pelaksanaan perbaikan program dan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan program pembelajaran biologi yang dilakukan oleh guru di SMA se-Kota Banyuwangi berdasarkan tujuh indikator adalah sangat baik dengan persentase 84.7% dan pelaksanaan pembelajaran biologi yang dilakukan oleh guru di SMA se-Kota Banyuwangi berdasarkan sebelas indikator adalah baik dengan persentase 79.6%. Saran bagi guru adalah menggunakan media pembelajaran yang bervariasi pada saat proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dan saran bagi sekolah adalah menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran khususnya kelengkapan alat dan bahan laboratorium untuk menunjang pembelajaran biologi agar lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24891

Actions (login required)

View Item View Item