Perbandingan keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi pembelajaran biologi melalui strategi PBMP dan PBMP dipadu TPS di kalangan siswa berkemampuan akademik rendah / Ika Sukmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi pembelajaran biologi melalui strategi PBMP dan PBMP dipadu TPS di kalangan siswa berkemampuan akademik rendah / Ika Sukmawati

Sukmawati, Ika (2013) Perbandingan keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi pembelajaran biologi melalui strategi PBMP dan PBMP dipadu TPS di kalangan siswa berkemampuan akademik rendah / Ika Sukmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sukmawati Ika. 2013. Perbandingan Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Pembelajaran Biologi Melalui Strategi PBMP dan PBMP dipadu TPS di Kalangan Siswa Berkemampuan Akademik Rendah. Jurusan Biologi FMIPA UM. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. D. Corebima M. Pd (II) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. Kata kunci Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Kognitif Retensi PBMP TPS. Kondisi sekolah di Indonesia yang terpolarisasi akibat sistem penerimaan siswa baru di SMA yang berbasis Minimal Passing Level (MPL) diyakini masih akan berlangsung lama. Maka perlu segera dilakukan upaya untuk menolong siswa berkemampuan akademik rendah di tengah kenyataan rendahnya keteram pilan metakognitif hasil belajar kognitif dan pembelajaran yang tidak memperha tikan retensi di sekolah berkemampuan akademik rendah. Upaya menolong siswa berkemampuan akademik rendah dapat dilakukan dengan penerapan strategi pem-be lajaran yang dapat memberdayakan keterampilan metakognitif. Salah satu cara meningkatkan keterampilan metakognitif siswa adalah melalui pertanyaan. Strategi yang seluruhnya diterapkan dalam bentuk jalinan pertanyaan tertulis tanpa adanya proses yang informatif adalah Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Jika PBMP diterapkan dengan strategi kooperatif Think Pair Share (TPS) kegiatan berpikir secara individual dapat diop-timalkan. Siswa juga dapat berdiskusi untuk memperkaya konsep dan me ning-katkan ingatan jangka panjang terhadap materi yang dipelajari. Dalam pene litian ini strategi PBMP dan PBMP dipadu TPS dibandingkan potensinya dalam mem-berdayakan keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif dan retensi untuk menolong siswa berkemampuan akademik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan meta-kognitif hasil belajar kognitif dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah pada pembelajaran Biologi melalui strategi PBMP dan PBMP dipadu TPS serta perbedaan peningkatan ketiga parameter pada penerapan straegi PBMP dan PBMP dipadu TPS. Penelitian yang dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013 ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ada -lah seluruh siswa kelas X SMA berkemampuan akademik rendah di Malang sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA PGRI Kepanjen dan kelas X2 SMA Islam Al Ma arif Singosari. Data dianalisis dengan Analisis kovarian dan Analisis varian tungal. Hasil uji Anakova menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif retensi kete ram-pilan metakognitif serta retensi hasil belajar kognitif siswa berkemam puan akademik rendah pada pembelajaran Biologi dengan strategi PBMP dan PBMP dipadu TPS. Anava atas 14 data di kedua kelompok strategi menunjukkan bahwa peningkatan skor keterampilan metakognitif siswa dengan strategi PBMP dipadu TPS lebih tinggi berdasarkan uji BNT 5% dengan rata-rata peningkatan 21 13. Peningkatan skor hasil belajar kognitif siswa dengan strategi PBMP dipadu TPS juga lebih tinggi berdasarkan uji BNT 5% dengan rata-rata peningkatan 23 20. Peningkatan skor retensi keterampilan metakognitif siswa tidak berbeda nyata pada kedua strategi sedangkan peningkatan skor retensi hasil belajar kog nitif siswa pada strategi PBMP berbeda nyata dengan strategi PBMP dipadu TPS dengan rata-rata peningkatan 5 62. Berdasarkan hasil penelitian tersebut hal-hal yang dapat disarankan oleh penulis kepada guru yaitu penerapan secara konsisten strategi PBMP dan PBMP dipadu TPS dalam proses pembelajaran di kelas terkait potensinya dalam mem ber -dayakan keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24889

Actions (login required)

View Item View Item