Pengaruh etnis terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan rtetensi siswa pada pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu Think Pair Share (TPS) kelas X di SMAN 1 Gondanglegi / Dwi Martha Nur Aditya

Aditya, Dwi Martha Nur (2013) Pengaruh etnis terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan rtetensi siswa pada pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu Think Pair Share (TPS) kelas X di SMAN 1 Gondanglegi / Dwi Martha Nur Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP), Think Pair Share (TPS), keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, retensi. Manusia merupakan makhluk yang memiliki perbedaan individu antar se-sama. Perbedaan tersebut diantaranya perbedaan kaum minoritas, etnis/ras, agama, jenis kelamin, kondisi ekonomi, daerah asal/usul, ketidakmampuan fisik/ mental, dan umur. Daerah Kabupaten Malang Selatan, Gondanglegi merupakan salah satu wilayah yang memiliki keragaman perbedaan etnis yaitu Jawa dan Madura. SMAN 1 Gondanglegi dalam pembelajaran menerapkan pembelajaran behavioristik yang belum mampu mengembangkan penalaran dan jalinan komunikasi antar siswa yang memiliki perbedaan etnis. Pembelajaran Biologi seharusnya menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan memberdayakan penalaran siswa yang tepat yaitu dengan strategi pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dipadu Think Pair Share (TPS) untuk dapat meningkatkan keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan retensi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Pretest Posttest Nonequivalent Group Design. Data yang diperoleh di-analisis menggunakan statistic Inferensial Anakova. Hasil analisis data menunjukkan tidak ada pengaruh perbedaan etnis terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan retensi siswa di SMAN 1 Gondanglegi. Taraf signifikansi hasil uji anakova keterampilan metakognitif siswa sebesar 0,953; hasil belajar sebesar 0,628; retensi keterampilan metakognitif 0,717; retensi hasil belajar 0,923. Etnis tidak mempengaruhi keterampilan meta-kognitif, hasil belajar siswa, dan retensi siswa, akan tetapi terdapat peningkatan. Peningkatan keterampilan metakognitif etnis Jawa sebesar 193,03%, sedangkan pada siswa etnis Madura sebesar 197,85%. Peningkatan hasil belajar etnis Jawa 161,81%, sedangkan pada siswa etnis Madura sebesar 176,18%. Peningkatan retensi keterampilan metakognitif etnis Jawa sebesar etnis Jawa sebesar 2,43%, sedangkan pada siswa etnis Madura mengalami penurunan sebesar 2,89%. Retensi hasil belajar siswa etnis Jawa mengalami penurunan sebesar 16,79%, sedangkan pada siswa etnis Madura sebesar 17,32%. Perbedaan etnis tidak mempengaruhi keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan retensi siswa. Penerapan pem-belajaran kooperatif PBMP + TPS serta stereotype masing-masing etnis mampu memberikan dukungan positif dalam kegiaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disarankan agar pengajar dapat menerapkan strategi pembelajaran PBMP +TPS untuk memberdayakan dan meningkatkan keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan retensi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24888

Actions (login required)

View Item View Item