Perbandingan keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi antara siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah kelas X SMA di Malang melalui strategi Problem Based Learning (PBL) / Linda Tri Antika

Antika, Linda Tri (2013) Perbandingan keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi antara siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah kelas X SMA di Malang melalui strategi Problem Based Learning (PBL) / Linda Tri Antika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Keterampilan metakognitif, hasil belajar, retensi, kemampuan aka-demik, PBL. Berbagai SMA, terutama SMA Negeri di Malang menggunakan syarat pe-nerimaan berbasis MPL (Minimal Passing Level) UAN untuk bisa masuk ke seko-lah tersebut. Pola penerimaan ini menyebabkan adanya polarisasi, dimana ada se-kolah dengan kemampuan akademik tinggi, kemampuan sedang, dan akademik rendah. Adanya fakta polarisasi tersebut menjadi alasan perlunya mencari upaya untuk membantu siswa, terutama siswa berkemampuan akademik rendah agar memiliki kemampuan yang mendekati atau sama dengan siswa berkemampuan akademik tinggi. Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu strategi pem-belajaran yang memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan retensi siswa. Keterampilan metakognitif akan membantu siswa dalam belajar karena siswa dapat merencanakan, mengatur diri, dan mengevaluasi belajarnya. PBL membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, melatih keterampilan memecahlan masalah, dan meningkatkan penguasaan materi pembelajaran serta tidak mudah lupa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Malang dan SMA Darul Ulum Agung Malang pada semester ganjil 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di wilayah Kota dan Kabupaten Malang semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 9 Malang yang terdiri atas 35 siswa sebagai siswa akademik tinggi dan siswa kelas X SMA Darul Ulum Agung Malang yang terdiri atas 16 siswa sebagai siswa akademik rendah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan keterampilan metakognitif, hasil belajar bilogi, dan retensi siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa berkemampuan akade-mik tinggi memiliki nilai keterampilan metakognitif 56,42% lebih tinggi dibandingkan nilai siswa berkemampuan akademik rendah, (2) siswa berkemampuan akademik tinggi memiliki nilai hasil belajar 79,31% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan akademik rendah, (3) tidak ada per-bedaan retensi keterampilan metakognitif maupun retensi hasil belajar antara siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Selain analisis anakova, dalam penelitian ini juga dilakukan analisis dengan anava terhadap gain score keteram-pilan metakognitif, hasil belajar, dan retensi siswa untuk mengetahui peningka-tannya pada siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Hasil uji anava menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan retensi pada siswa berkemampuan akademik tinggi lebih tinggi dibandingkan sis-wa berkemampuan akademik rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, terlihat bahwa strategi PBL dapat dijadikan rujukan dalam meningkatkan keterampilan metakognitif, hasil belajar, dan retensi siswa berkemampuan akademik tinggi maupun rendah. Oleh karena itu, dalam pembelajaran terutama biologi, guru dapat menggunakan strategi pembelajaran PBL karena telah terbukti keberhasilannya dalam mening-katkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa. Namun, dalam pembelajaran PBL perlu pemberian motivasi yang kuat pada siswa untuk melibatkan diri dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24886

Actions (login required)

View Item View Item