Penerapan lesson study dalam pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI IPA 2 di MAN Malang 1 / Merza Ansandra Cahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan lesson study dalam pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI IPA 2 di MAN Malang 1 / Merza Ansandra Cahya

Cahya, Merza Ansandra (2013) Penerapan lesson study dalam pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI IPA 2 di MAN Malang 1 / Merza Ansandra Cahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahya Merza Ansandra. 2013. Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas XI IPA 2 MAN Malang I. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (2) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo M.Pd Kata kunci lesson study pembelajarn inkuiri terbimbing aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan hasil observasi yang telah diperoleh peneliti di kelas XI IPA 2 MAN Malang I teridentifikasi rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang terlihat dari kepasifan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil postes siswa pada akhir pembelajaran. Siswa yang aktif sebanyak 20% dan ketuntasan hasil belajar yang didapatkan dari hasil postes sebesar 39%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui penerapan Lesson Study dalam pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian dilakukan di MAN Malang I mulai tanggal 05 Februari 2013 sampai 12 Maret 2013. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 2 MAN Malang I. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan Lesson Study. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dan Lesson Study dilaksanakan dalam 9 siklus. Metode pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan materi sistem respirasi dan sistem ekskresi. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 MAN Malang I pada materi sistem respirasi dan sistem ekskresi. Keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatan dari tindakan pada siklus I sebesar 93 06% menjadi sebesar 93 33% pada tindakan siklus II. Hasil belajar dalam ranah kognitif mengalami peningkatan sebesar 32 88% setelah tindakan siklus I dan sebesar 12 50% setelah tindakan siklus II hasil belajar ranah afektif selama proses pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 68 63% setelah tindakan siklus I dan sebesar 3 13% setelah tindakan siklus II hasil belajar afektif setelah pembelajaran mengalami peningkatan dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II sebesar 0 64% dan hasil belajar ranah psikomotorik mengalami peningkatan yaitu sebesar 12 50% dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II. Penerapan Lesson Study dalam pembelajaran inkuiri terbimbing juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 61 25% setelah tindakan I dan sebesar 9 38% setelah tindakan siklus II. Berdasarkan kesimpulan diatas maka peneliti menyaran agar guru sebaiknya memberikan bimbingan kepada siswa baik secara kelompok maupun individu guru maupun sekolah sebaiknya menerapkan Lesson Study dalam setiap pembelajaran pembelajaran inkuiri terbimbing dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran biologi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24885

Actions (login required)

View Item View Item