Hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas X dengan strategi reciprocal teaching di SMA Negeri 1 Lawang / Mukhammad Syamsul Arifin

Arifin, Mukhammad Syamsul (2013) Hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas X dengan strategi reciprocal teaching di SMA Negeri 1 Lawang / Mukhammad Syamsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Reciprocal Teaching, keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, retensi. Keterampilan metakognitif memiliki peranan penting dalam membangun kemandirian siswa dalam belajar. Siswa yang memiliki keterampilan metakognitif yang baik maka hasil belajar Biologi yang dicapai baik pula. Selain keterampilan metakognitif dan hasil belajar, retensi siswa juga penting dalam mengukur keberhasilan belajar siswa. Hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Lawang masih rendah, siswa juga kurang aktif dalam proses pembelajaran, serta kemandirian untuk belajar siswa masih rendah, serta siswa juga cenderung melupakan pengetahuan yang sudah dipelajari setelah beberapa selang waktu tertentu. Strategi reciprocal teaching berpotensi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif siswa sehingga hasil belajar dan retensi siswa meningkat. Selain itu strategi reciprocal teaching juga berpotensi untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk lebih baik dalam membaca dan membantu siswa dalam mencapai tujuan penting dari strategi reciprocal teaching yaitu menjadi siswa yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar dan retensi siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Lawang semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah kelas X-9. Instrumen penelitian yaitu soal tes uraian 17 soal untuk mengakses keterampilan metakognitif dan hasil belajar yang diberikan pada saat pre test dan post test, serta retensi siswa yang diberikan dua minggu setelah pelaksanaan post test. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi. Pengujian terhadap konsistensi pelaksanaan strategi pembelajaran juga menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,5%. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi pada penerapan strategi reciprocal teaching dengan nilai keterandalan 31,9 %, yang berarti sumbangan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar adalah 31,9 %, sedangkan 68,1 % merupakan faktor-faktor lain selain keterampilan metakognitif. Penelitian ini juga menunjukkan hubungan yang tidak nyata antara retensi keterampilan metakognitif dan retensi hasil belajar biologi pada penerapan strategi reciprocal teaching. Terkait hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran pada guru agar menggunakan strategi pembelajaran reciprocal teaching sebagai alternative strategi pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan metakognitif siswa, guru harus selalu memonitor dan membimbing siswa saat menggunakan strategi reciprocal teaching. Selain itu, siswa sebaiknya memberikan perhatian khusus pada informasi yang penting. Adanya perhatian ini dapat memudahkan siswa dalam mengelola informasi dengan baik sehingga informasi tersimpan dengan baik pula.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24883

Actions (login required)

View Item View Item