Analisis butir soal ulangan akhir semester gasal biologi SMA kelas X tahun pelajaran 2012/2013 di Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan program iteman dan kesesuaian dengan tuntutan KTSP / Nugroho Aji Prasetyo

Prasetyo, Nugroho Aji (2013) Analisis butir soal ulangan akhir semester gasal biologi SMA kelas X tahun pelajaran 2012/2013 di Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan program iteman dan kesesuaian dengan tuntutan KTSP / Nugroho Aji Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Analisis Butir Soal, Program ITEMAN, KTSP Hasil wawancara dengan guru biologi yang tergabung dalam tim musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) pembuat soal UAS kabupaten Pasuruan diketahui bahwa soal UAS biologi yang telah diujikan pada siswa belum pernah dianalisis sebelumnya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal ini menyebabkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi pengecoh soal UAS kabupaten Pasuruan belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UAS semester gasal biologi kelas X di kabupaten Pasuruan yang meliputi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, validitas isi dan konstruk, dan kesesuaian soal dengan tuntutan KTSP. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif - kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah lembar jawaban UAS biologi siswa kelas X tahun pelajaran 2012/2013 di semua SMA Negeri di Kabupaten Pasuruan, Sampel adalah lembar jawaban UAS biologi siswa masing-masing sekolah satu kelas. Analisis kuantitatif butir soal menggunakan program ITEMAN versi 3.00 sedangkan analisis kualitatif butir soal menggunakan instrumen tabel validasi isi konstruk dan instrumen penilaian kesesuaian butir soal dengan tuntutan KTSP. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kesukaran butir soal ulangan akhir semester gasal biologi SMA kelas X tahun pelajaran 2012/2013 di kabupaten Pasuruan adalah 0% sangat sukar; 17,5 %% sukar; 40% sedang; 37,5% mudah dan 5% sangat mudah, sehingga dikategorikan memiliki tingkat kesukaran mudah; Soal berdaya beda 7,5% soal memiliki daya beda baik sekali, 50% soal berdaya beda baik, 22,5% berdaya beda cukup, 15% soal berdaya beda jelek, 5% soal berdaya beda jelek sekali, sehingga dikategorikan berdaya beda baik; Pengecoh soal 80% tidak berfungsi. Indeks reliabilitas soal sebesar 0,727 artinya reliabel atau reliabilitasnya tinggi; Soal memenuhi validitas logis yang terdiri dari validitas isi dan validitas konstruk; Soal sesuai dengan tuntutan KTSP. Setelah dilakukan analisis soal ulangan akhir semester gasal biologi SMA kelas X tahun pelajaran 2012/2013 di kabupaten Pasuruan maka disarankan agar sebaiknya tim MGMP biologi kabupaten Pasuruan melakukan uji coba dan analisis soal secara rutin serta mempertahankan penyusunan soal yang berkualitas dengan tetap berpedoman pada langkah pengembangan soal sesuai standar yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24882

Actions (login required)

View Item View Item