Pengembangan perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan ayat suci Al-Qur'an dan al-hadits untuk kelas XI IPA madrasah aliyah / Susi Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan ayat suci Al-Qur'an dan al-hadits untuk kelas XI IPA madrasah aliyah / Susi Munawaroh

Munawaroh, Susi (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan ayat suci Al-Qur'an dan al-hadits untuk kelas XI IPA madrasah aliyah / Susi Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munawaroh Susi. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Bermuatan Ayat Suci Al-Qur an dan Al-Hadits untuk Kelas XI IPA Madrasah Aliyah. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (2) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Al-Qur an dan Al-Hadits Madrasah Aliyah Latar belakang penyusunan perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan Al-Qur an dan Al-Hadits adalah belum adanya perangkat pembelajaran Biologi yang bermuatan Al-Qur an dan Al-Hadits di Madrasah Aliyah Roudlotun Nasyiin (MARONAS) padahal mengintegrasikan materi pembelajaran dengan Al-Qur an dan Al-Hadits merupakan sebuah kewajiban bagi guru Biologi di Madrasah Aliyah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan selain sebagai panduan bagi guru biologi dalam menyampaikan materi sistem reproduksi manusia yang bermuatan Al-Qur an dan Al-Hadits juga dapat membantu siswa dalam mempelajari materi sistem reproduksi manusia yang harapannya mampu memberikan pemahaman terhadap siswa bahwa sistem reproduksi manusia merupakan bukti kebesaran Allah SWT sehingga dapat meningkatkan keimanan kepada-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan Ayat Suci Al- Qur an dan Al-Hadits untuk kelas XI IPA Madrasah Aliyah dan mendiskripsikan hasil belajar siswa MA Roudhlotun Nasyiin setelah menggunakan perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia bermuatan Ayat Suci Al-Qur an dan Al- Hadits untuk kelas XI IPA Madrasah Aliyah. Penelitian ini termasuk penelitian Research Development dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang hanya dibatasi dengan melaksanakan tiga tahap (3D). Data kuantitatif berupa skor validasi perangkat pembelajaran skor keterpakaian perangkat pembelajaran selama pembelajaran penilaian kognitif dan afektif serta skor penilaian siswa terhadap perangkat pembelajaran. Data kualitatif berupa saran perbaikan dari validator dan komentar siswa. Instrumen penelitian berupa angket validasi perangkat pembelajaran lembar pengamatan untuk mengetahui keterpakaian perangkat pembelajaran dalam pembelajaran lembar penilaian kognitif siswa lembar penilaian afektif siswa dan angket penilaian siswa terhadap perangkat pembelajaran (handout LKS dan instrumen evaluasi).Uji coba skala terbatas dilakukan kepada siswa kelas XI IPA yang berjumlah 28 orang. Hasil validasi produk oleh dosen pendidikan guru Biologi maupun dosen ahli materi menunjukkan kriteria valid dengan rerata skor masing-masing 91 61% 91 95% dan 96 58%. Presentase ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran sistem reproduksi manusia. Berdasarkan data uji coba ketuntasan klasikal tes hasil belajar kognitif menunjukkan presentase 89 47% dengan ratarata kelas 78 42 rerata penilaian poster menunjukkan 91 65 rerata penilaian i afektif secara klasikal menunjukkan 88 36% dengan kriteria baik. Perangkat pembelajaran ini telah diujicobakan secara terbatas di kelas dan perlu diujicobakan pada lingkup yang lebih luas untuk mengetahui keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24880

Actions (login required)

View Item View Item