Perbedaan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran biologi siswa kelas RSBI dan siswa kelas reguler SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2010/2011 / Candra Hermawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran biologi siswa kelas RSBI dan siswa kelas reguler SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2010/2011 / Candra Hermawan

Hermawan, Candra (2013) Perbedaan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran biologi siswa kelas RSBI dan siswa kelas reguler SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2010/2011 / Candra Hermawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci motivasi belajar prestasi belajar kelas RSBI kelas reguler Diadakannya sekolah dengan kelas RSBI bertujuan untuk meningkatkan daya saing lulusan agar mampu bersaing di pasar kerja Internasional sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Masih sulit melihat perbedaan motivasi dan prestasi antara kelas RSBI dan kelas Reguler tanpa melalui sebuah penelitian. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian mengenai perbedaan motivasi dan prestasi antara kelas RSBI dan kelas Reguler. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup proses pembelajaran kelas RSBI proses pembelajaran kelas Reguler motivasi belajar kelas RSBI dan kelas Reguler dan prestasi belajar kelas RSBI dan kelas Reguler pada mata pelajaran Biologi di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2010/2011.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh empat buah simpulan peniltian. Pertama proses pembelajaran kelas RSBI belum sesuai dengan penjaminan mutu proses pembelajaran. Hal itu dapat dilihat dari tidak terlaksananya 4 indikator proses pembelajaran yatu proses pembelajaran semua mata pelajaran jadi teladan bagi sekolah lain dalam pengembangan akhlak mulia budi pekerti kepribadian kepemimpinan jiwa enterpreanur dan jiwa inovator pembelajaran berbasis TIK pembelajaran kelompok sains matematika dan inti kejuruan menggunakan bahasa Inggris sementara pembelajaran mata pelajaran lainnya kecuali Bahasa Inggris menggunakan bahasa Indonesia dan indikator menambahkan materi tambahan dari salah satu negara OECD. Kedua proses pembelajaran kelas Reguler belum sesuai dengan penjaminan mutu proses pembelajaran. Hal terlihat dari tidak terlaksananya 3 indikator proses pembelajaran yaitu guru menyediakan jadwal untuk konsultasi mata pelajaran pembelajaran berbasis TIK dan setiap proses pembelajaran dilakukan dengan mengembangkan budaya membaca dan menulis. Ketiga tidak ada perbedaan motivasi kelas RSBI dan kelas Reguler. Dilihat dari angket motivasi kelas RSBI sebesar 73 16% dan motivasi kelas Reguler sebesar 71 21% sedangkan dilihat dari modus hasil pengamatan motivasi siswa kelas RSBI dan kelas Reguler sama dalam kategori Baik. Keempat prestasi kelas Reguler lebih baik dibandingkan prestasi kelas RSBI. Dilihat dari nilai pretest kelas Reguler mendapat rerata nilai 48 81 dan kelas RSBI 37 25 sedangkan rerata nilai postest kelas Reguler 72 19 dan kelas RSBI sebesar 67 48.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24878

Actions (login required)

View Item View Item