Famuji, Siti (2013) Perbandingan pengaruh model pembelajaran STAD dengan GI terhadap motivasi, aktivitas kooperatif, dan hasil belajar pada materi pengelolaan lingkungan di kelas VII MTs Syke Subakir Nglegok Blitar / Siti Famuji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci STAD GI motivasi aktivitas kooperatif dan hasil belajar. Pembelajaran yang efektif akan membantu dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki dan memecahkan masalah yang dihadapi. Salah satu sebab belum tercapainya tujuan pembelajaran adalah karena pembelajaran sejauh ini belum banyak melibatkan siswa secara aktif. Sistem pembelajaran yang masih didominasi oleh guru menyebabkan siswa tidak dapat membangun dan menguasai sendiri konsepnya. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Pada penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif GI yang menekankan pada partisipasi dan keaktifan siswa untuk mencari sendiri informasi pelajaran yang akan dipelajari dan model pembelajaran kooperatif STAD sebagai pembandingnya karena model STAD ini adalah model pembelajaraan kooperatif yang paling sederhana.Tujuan penelitian ini ialah 1) mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa kelas STAD dan GI pada materi Pengelolaan Lingkungan 2) mengetahui perbedaan aktivitas kooperatif antara siswa kelas STAD dan GI pada materi Pengelolaan Lingkungan dan 3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa kelas STAD dan GI pada materi Pengelolaan Lingkungan Rancangan penelitian yang digunakan ialah Quasi Exsperiment dengan Postest-Only Control Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C yang menggunakan model pembelajaran STAD dan siswa kelas VII D yang menggunakan model pembelajaran GI. Motivasi belajar siswa diukur dengan menggunakan angket dan lembar observasi aktivitas kooperatif siswa diukur dengan lembar observasi dan hasil belajar siswa meliputi hasil belajar kognitif diukur dengan tes akhir pembelajaran hasil belajar psikomotorik dan afektif diukur dengan lembar observasi. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji t (p 0 05). Sebelum uji t dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas varian. Hasil penelitian menunjukkan 1) motivasi belajar siswa kelas GI lebih tinggi dibanding kelas STAD 2) aktivitas kooperatif siswa kelas GI lebih tinggi dibanding kelas STAD dan 3) hasil belajar kognitif siswa kelas GI lebih tinggi dibanding kelas STAD. Disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran GI dalam pembelajaran khususnya dalam materi pembelajaran yang erat kaitannya dengan lingkungan sekitar karena dapat menghasilkan motivasi aktivitas kooperatif dan hasil belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24873 |
Actions (login required)
View Item |