Kajian implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional ke dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) IPA kelas VII SMP untuk MTs Negeri Model Trenggalek / Lenti Nucifera - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional ke dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) IPA kelas VII SMP untuk MTs Negeri Model Trenggalek / Lenti Nucifera

Nucifera, Lenti (2013) Kajian implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional ke dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) IPA kelas VII SMP untuk MTs Negeri Model Trenggalek / Lenti Nucifera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kebijakan kementerian pendidikan nasional Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA SMP Standar Nasional Pendidikan yang telah disusun oleh pemerintah perlu di-te rapkan dalam pengembangan kurikulum di Indonesia. Kurikulum Tingkat Satu an Pendidikan (KTSP) dikembangkan berdasarkan standar isi yang diatur da lam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 dan standar kompetensi lulusan yang di atur dalam Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006. Berkaitan dengan peren canaan pembelajaran pengembangan kuriku lum juga perlu mengacu pada Per men diknas Nomor 41 Ta hun 2007 tentang standar proses dan Permendiknas No mor 20 Tahun 2007 tentang standar penilaian pendidikan. Penyusunan RPP hendaknya mengacu pada kebijakan kementerian pendidikan nasional yang ter cantum dalam Permen-diknas Nomor 22 Tahun 2006 Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Permendik-nas Nomor 41 Tahun 2007 dan Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 dengan me-nyesuaikan pada satuan pendidikan masing-masing dan karakteristik pembelajaran IPA di SMP untuk penyusunan RPP IPA SMP. Berdasarkan hasil observasi guru pada beberapa SMP dan 1 MTs negeri di kecamatan Trenggalek menyatakan bah-wa telah menyusun silabus dan RPP dengan mengacu pada kurikulum yang diten-tukan oleh pemerintah. Akan tetapi praktik pelaksanaan kurikulum terpadu ma sih belum tepat bahkan dengan sengaja ditinggalkan. Berdasarkan permasalahan ter-sebut peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui imple-mentasi keempat permendiknas tersebut ke dalam RPP IPA kelas VII SMP yang disusun oleh guru MTsN Model Trengga lek. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian evaluatif. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Popu-lasi penelitian adalah seluruh RPP IPA kelas VII MTsN Model Trenggalek ber-jumlah 26 RPP yang disusun oleh 2 guru. Sampel penelitian adalah 6 RPP yang disusun oleh Guru 1 dan 6 RPP yang disusun oleh Guru 2. Sampel ditentukan de-ngan cara bukan acak. Instrumen penelitian untuk metode dokumentasi berupa ru-brik asesmen RPP dan instrumen penelitian untuk metode angket berupa angket. Data yang di peroleh berupa data hasil asesmen RPP yang digunakan sebagai data uta ma dan data hasil penyebaran angket yang digunakan sebagai data pendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama tingkat imple men tasi Permendik nas Nomor 22 Tahun 2006 ke dalam RPP IPA kelas VII SMP yang disusun oleh guru MTsN Model Trenggalek sebagian besar menunjukkan kriteria kurang baik. Kedua tingkat implementasi Permen dik nas Nomor 23 Tahun 2006 ke dalam RPP IPA ke las VII SMP yang disusun oleh guru MTsN Model Trenggalek sebagian besar me nunjukkan kriteria cukup baik. Ke tiga tingkat implemen tasi Permendik nas Nomor 41 Tahun 2007 ke dalam RPP IPA ke-las VII SMP yang disusun oleh guru MTsN Model Trenggalek sebagian be sar me-nunjukkan kriteria kurang baik. Keempat ting kat implementasi Permendik nas Nomor 20 Tahun 2007 ke dalam RPP IPA kelas VII SMP yang disusun oleh guru MTsN Model Trenggalek sebagian besar menun jukkan kriteria kurang baik. Secara umum kri teria-kriteria keterlaksanaan pada masing-masing aspek penting yang dinilai im ple mentasinya dalam masing-masing Per mendiknas belum terim-plementasikan secara keseluruhan ke dalam RPP. Ber dasarkan hasil tersebut ma ka penyusunan RPP IPA hendaknya lebih memperhatikan as pek-aspek penting dalam Permendik nas Nomor 22 Tahun 2006 Permendiknas No mor 23 Tahun 2006 Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 serta Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam penyusunan RPP IPA kemudian mengim plementasikannya ke dalam RPP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24871

Actions (login required)

View Item View Item