Pengembangan media pembelajaran CD interaktif IPA terpadu untuk siswa SBI kelas VIII / Anggi Citra Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran CD interaktif IPA terpadu untuk siswa SBI kelas VIII / Anggi Citra Rini

Rini, Anggi Citra (2013) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif IPA terpadu untuk siswa SBI kelas VIII / Anggi Citra Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran CD Interaktif IPA Terpadu Multimedia CD interaktif berbasis komputer dapat membantu siswa Secondary International Laboratory School University of Malang kelas VIII dalam mempelajari prinsip konsep dan proses pada materi sistem respirasi dan sistem sirkulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran CD interaktif IPA terpadu untuk siswa kelas VIII. Penelitian ini termasuk penelitian Research Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Data kuantitatif berupa skor angket penilaian dari validator skor angket penilaian sikap siswa dan nilai pre test-post test data kualitatif berupa masukan dari validator. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi produk lembar soal pre test-post test dan angket sikap siswa. Uji coba skala terbatas dilakukan kepada siswa kelas VIII reguler Secondary International Laboratory School University of Malang yang berjumlah 7 orang. Hasil validasi produk menunjukkan kriteria valid baik dari segi media dengan skor 92 92% maupun dari segi materi dengan skor 90 25%. Sedangkan hasil validasi dari ahli pendidikan mendapat skor 89 47% dan dari guru dengan skor 91 28% yang keduanya menunjukkan kriteria valid. Berdasarkan data uji coba rerata nilai tes kognitif siswa secara klasikal adalah 80 05 sedangkan rerata nilai hasil belajar psikomotor siswa secara klasikal adalah 86 91 rerata hasil belajar afektif siswa secara klasikal adalah 80 19% dengan kriteria baik. Pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif IPA terpadu terbukti dapat mengefisiensikan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24870

Actions (login required)

View Item View Item