Analisis isi, keterbacaan, penyajian materi dan pendukung materi dalam buku teks biologi SMA kelas XI / Maya Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis isi, keterbacaan, penyajian materi dan pendukung materi dalam buku teks biologi SMA kelas XI / Maya Fatmawati

Fatmawati, Maya (2013) Analisis isi, keterbacaan, penyajian materi dan pendukung materi dalam buku teks biologi SMA kelas XI / Maya Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci buku teks keterbacaan konsep sistem organ Berubahnya paradigma pendidikan yang bergeser dari berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered) menuntut peran aktif siswa untuk lebih mandiri mencari informasi dari sumber lain selain guru. Buku teks pelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dinilai kelayakanpakaiannya terlebih dahulu oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebelum digunakan oleh pendidik dan/atau peserta didik sebagai sumber belajar di satuan pendidikan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Lawang menyatakan untuk mata pelajaran biologi kelas XI guru membebaskan kepada siswa untuk memakai buku biologi apapun dalam kegiatan belajar. Adanya pembebasan bagi peserta didik dalam memilih buku teks biologi dapat menyebabkan siswa tanpa sengaja memilih buku yang mungkin memuat beberapa kesalahan karena belum semua buku yang beredar di pasaran telah dinilai layak oleh BSNP. Hasil observasi di beberapa toko buku di Malang (Gramedia Matos Gramedia Pusat Asri Media Toga Mas Dieng Dian Ilmu serta toko-toko buku di kawasan Wilis) diketahui bahwa buku biologi kelas XI yang paling banyak terjual dan belum dinilai layak oleh BSNP adalah buku terbitan Yrama Widya Esis Erlangga (Istamar Syamsuri) dan Erlangga (D. A. Pratiwi). Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan analisis terhadap isi buku dalam hal kesesuaian dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) tingkat keterbacaan penyajian materi (konsep prinsip dan ilustrasi materi) dan pendukung materi dalam buku teks biologi kelas XI pada materi sistem organ. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan aspek kesesuain isi buku dengan (SK) dan (KD) mengukur tingkat keterbacaan menemukan kesalahan penyajian materi (konsep prinsip dan ilustrasi materi) dan mendeskripsikan penyajian pendukung materi dalam buku teks biologi kelas XI pada materi sistem organ. Hasil analisis menyatakan bahwa semua buku pada materi sistem organ memiliki kesesuaian dengan SK dan KD buku terbitan Yrama Widya dan Erlangga (D. A. Pratiwi) memiliki tingkat keterbacaan yang sesuai dengan kelas XI pada semua buku terdapat beberapa kesalahan konsep prinsip dan penyajian semua buku menyajikan aspek pendukung materi seperti gambar ringkasan glosarium informasi tambahan lembar aktivitas evaluasi dan kalimat-kalimat interaktif dengan frekuensi dan macam yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24869

Actions (login required)

View Item View Item