Pengembangan Website berbahasa Inggris pada pelajaran Biologi berbasis Blended Learning materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 5 Malang / Rifqi Hardiana Pragaswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Website berbahasa Inggris pada pelajaran Biologi berbasis Blended Learning materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 5 Malang / Rifqi Hardiana Pragaswati

Pragaswati, Rifqi Hardiana (2013) Pengembangan Website berbahasa Inggris pada pelajaran Biologi berbasis Blended Learning materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 5 Malang / Rifqi Hardiana Pragaswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan website blended learning sistem reproduksi manusia Salah satu cara peningkatan layanan yang dapat dilakukan guru pada abad pengetahuan adalah dengan mengembangkan pembelajaran berbasis blended learning. Blended learning adalah pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka offline dan online. Salah satu cara melakukan pembelajaran secara online adalah dengan menggunakan website. Berdasarkan observasi di SMA Negeri 5 Malang proses pembelajaran Biologi yang dilakukan telah melakukan pembelajaran berbasis blended learning dengan memanfaatkan website tetapi pemanfaatannya kurang interaktif dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Ketuntasan klasikal sebelum penerapan website interaktif yang dilihat dari nilai ulangan harian materi Sistem Reproduksi Manusia tahun 2011 adalah sebesar 72 7% padahal ketuntasan klasikal yang diharapkan adalah 8805 85%. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran online yang bersifat interaktif sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan website berbahasa Inggris pada pembelajaran biologi berbasis blended learning dan mengetahui tingkat kelayakannya pada materi Sistem Reproduksi Manusia untuk SMA kelas XI. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari define design develop dan dissiminate tetapi tanpa tahap dissiminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media ahli materi ahli pendidikan ahli penerapan lapangan dan siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sampel uji coba terbatas diambil dari peserta didik SMA Negeri 5 Malang. Hasil validasi website dari ahli materi menyatakan tingkat kelayakan dengan persentase 93% ahli media 83 3% ahli pendidikan 98 9% ahli penerapan lapangan 84 9% dan uji coba terbatas 87 4%. Dapat disimpulkan bahwa website yang dikembangkan dapat diterapkan pada siswa RSBI tingkat SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24867

Actions (login required)

View Item View Item