Lavianti, Nurlaily (2012) Penerapan Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Group Investigation (GI) untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tumpang / Nurlaily Lavianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Group Investigation (GI) ketrampilan kerja ilmiah hasil belajar. Berdasarkan observasi di kelas X-2 SMA Negeri 1 Tumpang diketahui bahwa hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan nilai kognitif yang dicapai oleh siswa yaitu hanya 60% sedangkan siswa yang tidak dapat mencapai KKM sebesar 40%. Kesulitan yang dihadapi guru pada saat pembelajaran Biologi adalah siswa sering pasif saat pembelajaran siswa masih kesulitan dalam melakukan kegiatan pengamatan siswa masih kesulitam saat membahas hasil pengamatan sehingga masih tergantung pada buku dan guru kemampuan dalam berdiskusi dan membangun pengetahuan yang siswa dapatkan masih rendah serta minat baca terhadap mata pelajaran Biologi yang masih kurang sehingga banyak siswa masih rendah dalam hal keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar. Hal tersebut menyebabkan materi pelajaran yang seharusnya dikuasai siswa tidak dapat dipahami dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diterapkan pembelajaran PBL dipadu dengan GI untuk meningkatkan ketrampilan kerja ilmiah dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 semester genap yang berjumlah 35 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa catatan lapangan lembar observasi ketrampilan kerja ilmiah soal tes kognitif dan angket afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase ketercapaian ketrampilan kerja ilmiah siswa mengalami peningkatan dengan persentase keseluruhan sebesar 10% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar Biologi siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase peningkatan rata-rata nilai kognitif dan afektif sebesar 17% dan 9% serta peningkatan ketuntasan belajar kognitif dan afektif sebesar 28%. ii Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran PBL dipadu dengan GI dapat meningkatkan ketrampilan kerja ilmiah dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tumpang pada materi ekosistem dan pencemaran. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24865 |
Actions (login required)
View Item |