Peningkatan ketrampilan proses dan penguasaan konsep melalui model salingtemas pada konsep biologi materi sistem ekskresi kelas XI di SMA Negeri 1 Kademangan Blitar / Deviena Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan ketrampilan proses dan penguasaan konsep melalui model salingtemas pada konsep biologi materi sistem ekskresi kelas XI di SMA Negeri 1 Kademangan Blitar / Deviena Purnama Sari

Sari, Deviena Purnama (2012) Peningkatan ketrampilan proses dan penguasaan konsep melalui model salingtemas pada konsep biologi materi sistem ekskresi kelas XI di SMA Negeri 1 Kademangan Blitar / Deviena Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan proses penguasaan konsep model SALINGTEMAS. Keterampilan proses merupakan keterampilan-keterampilan mendasar yang seharusnya dimiliki oleh siswa untuk dapat menemukan fakta konsep dan prinsip. Keterampilan proses merupakan hakikat dari pembelajaran biologi. Hasil observasi saat pembelajaran pada bulan Februari 2012 menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membuat kesimpulan menjawab serentak dan belum berani mengangkat tangan untuk menjawab sendiri yang berarti keterampilan proses berupa keterampilan mengambil kesimpulan dan komunikasi siswa masih belum tampak. Hasil wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa siswa tertarik dengan pembelajaran biologi apabila terkait dengan kehidupan mereka sehari-hari. Hakikat lain dari pembelajaran biologi adalah adanya penguasaan konsep. Penguasaan konsep merupakan hasil kognitif yang terbentuk selama proses pembelajaran melalui berbagai pengalaman belajar yang diperoleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang memiliki ranah keterampilan proses dan penguasaan konsep adalah model SALINGTEMAS (Sains Lingkungan Teknologi Masyarakat) yang menyajikan isu sains lingkungan teknologi dan masyarakat pada siswa. Model SALINGTEMAS ini memiliki tahapan pendahuluan pembentukan konsep aplikasi konsep pemantapan konsep dan evaluasi yang di dalamnya dapat dilatihkan keterampilan proses dan peningkatan penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model SALINGTEMAS dalam meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan konsep pada mata pelajaran Biologi materi sistem ekskresi kelas XI di SMA Negeri 1 Kademangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan 2 siklus tindakan yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kademangan Blitar semester genap 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa dengan materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2012. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran lembar observasi keterampilan proses catatan lapangan rubrik keterampilan proses Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) laporan percobaan dan tes esai. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil penelitian adalah keterampilan proses keseluruhan dari siklus I sebesar 63 2% meningkat menjadi 80 1% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 16 9%. Hasil tes esai keterampilan proses juga menunjukkan peningkatan rata-rata nilai sebesar 21 95. Peningkatan keterampilan proses ini juga diikuti ii dengan peningkatan penguasaan konsep dengan ditunjukkan oleh persentase ketuntasan penguasaan konsep meningkat 10% dari 83% menjadi 93%. Kesimpulan yang didapatkan adalah penerapan pembelajaran model SALINGTEMAS dapat meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kademangan melalui tahapantahapan dalam model SALINGTEMAS yang mewadahi siswa untuk meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan konsep. Keterampilan proses dilatihkan kepada siswa untuk memecahkan permasalahan. Keterampilan mengobservasi mengajukan hipotesis melakukan percobaan menginterpretasikan data dan menyusun kesimpulan dilatihkan dalam tahap pembentukan konsep sedangkan komunikasi dilatihkan selama pembelajaran. Penguasaan konsep ditingkatkan melalui tahap pendahuluan pembentukan konsep aplikasi konsep pemantapan konsep dan evaluasi. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) Guru Biologi perlu menerapkan model SALINGTEMAS untuk meningkatkan keterampilan proses siswa. (2) Guru perlu menerapkan model SALINGTEMAS untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24861

Actions (login required)

View Item View Item