Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Eka Widya Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Eka Widya Wulansari

Wulansari, Eka Widya (2012) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Eka Widya Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Materi Sistem Pencernaan P enelitian ini bertujuan mengembangkan LKS untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran menggunakan LKS yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas dan terbimbing. Model pembelajaran inkuiri bebas terdapat pada pertanyaan-pertanyaan dalam LKS sedangkan inkuiri terbimbing terdapat pada kegiatan praktikum. Penelitian pengembangan LKS mengacu model pengembangan menurut Thiagarajan dalam Bintunahel (2009) yaitu 4D-Model (Define Design Develop dan Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis standar kompetensi dan kompetensi dasar menganalisis kebutuhansiswa serta menganalisis konsepkonsep. Tahap design bertujuan merumuskan indikator belajar serta penyusunan LKS. Tahap develop merupakan tahap validasi oleh validator ahli revisihasil validasi ujicoba revisi validasi oleh siswa dan produk LKS. Tahap disseminate tidak dilakukan oleh pengembang karena belum dilakukan uji keefektifan LKS untuk digunakan dalam skala luas. Hasil validasi LKS oleh validator ahli sebesar 79 65% dengan kategori valid sedangkan hasil respon siswa terhadap penggunaan LKS sebesar 79 09. Hasil uji coba nilai pengerjaan LKS oleh siswa sebesar 93 75% sehingga LKS sudah layak digunakan oleh siswa nilai kognitif yang didapatdengan rata-rata 71 44 dan ketuntasan klasikal sebesar 53 12% nilai afektif dan psikomotor siswa sebesar 93 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24860

Actions (login required)

View Item View Item