Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsruktivisme dengan model siklus belajar (Learning Cycle) lima fase materi gerak pada tumbuhan untuk kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang / Rizki Christyarini Prihanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsruktivisme dengan model siklus belajar (Learning Cycle) lima fase materi gerak pada tumbuhan untuk kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang / Rizki Christyarini Prihanti

Prihanti, Rizki Christyarini (2012) Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsruktivisme dengan model siklus belajar (Learning Cycle) lima fase materi gerak pada tumbuhan untuk kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang / Rizki Christyarini Prihanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul konstruktivisme siklus belajar Berdasarkan wawancara terhadap guru biologi di SMPN 13 Malang pada November 2011 ditemukan fakta bahwa dalam kegiatan pembelajaran biologi banyak dilakukan dengan metode diskusi dan presentasi namun peranan siswa dalam diskusi kelompok masih didominasi oleh siswa-siswa yang pandai sedangkan siswa yang kurang pandai hanya menunggu jawaban dari siswa pandai. Buku ajar yang digunakan berasal dari suatu penerbit yang dipinjamkan oleh perpustakaan sekolah dan tersedia dalam jumlah yang terbatas sehingga tidak semua siswa dapat meminjam. Panduan kegiatan siswa kurang dapat dimengerti sehingga siswa sulit memahami dan mengakibatkan kegiatan yang dilakukan oleh siswa menjadi kurang terarah. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung ditemukan fakta bahwa siswa kurang aktif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengembangkan modul yang berbasis konstruktivisme dengan model siklus belajar. Dengan modul tersebut akan dapat memberikan pelayanan pembelajaran secara individu kepada siswa yaitu tiap siswa dapat memiliki bahan ajar yang digunakan untuk belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak tergantung pada temannya. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan yang dimodifikasi dari model penelitian Borg dan Gall (1983). Tahap-tahap pengembangan modul meliputi (1) pengumpulan informasi (2) melakukan perencanaan (3) mengumpulkan data (4) mengembangkan produk (5) validasi produk (6) revisi produk (7) uji lapangan dan (8) revisi penyempurnaan. Validasi produk melibatkan 5 validator yang terdiri dari dua orang dosen jurusan Biologi FMIPA UM satu orang guru biologi SMPN 13 Malang dan dua orang siswa kelas VIII. Hasil validasi digunakan untuk revisi produk dan selanjutnya digunakan untuk uji lapangan terhadap 42 siswa kelas VIII SMPN 13 Malang. Berdasarkan analisis data didapatkan persentase hasil validasi oleh ahli media sebesar 84 59% ahli materi sebesar 81 69% praktisi pendidikan sebesar 94 42% oleh siswa sebesar 90 19% dan hasil uji coba lapangan sebesar 82 36%. Dengan hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran berbasis konstruktivisme dengan model siklus belajar (learing cycle) lima fase materi gerak pada tumbuhan kelas VIII SMP memiliki kriteria valid dengan rata-rata persentase validitas sebesar 86 65%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24858

Actions (login required)

View Item View Item