Penerapan Think Pair Share (TPS) dan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pujon Malang / Dhuane Putri Risanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Think Pair Share (TPS) dan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pujon Malang / Dhuane Putri Risanti

Risanti, Dhuane Putri (2012) Penerapan Think Pair Share (TPS) dan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Pujon Malang / Dhuane Putri Risanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Think Pair Share (TPS) Inkuiri Motivasi dan Hasil Belajar Mata pelajaran Biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami tentang gejala alam secara sistematis sehingga biologi bukan sekedar penguasaan kumpulan fakta konsep atau prinsip saja tetapi juga merupakan proses penemuan. Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan pembelajaran Biologi di kelas VII G SMP Negeri 1 Pujon memperlihatkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran melamun membuat coretan dan berbicara dengan teman. Siswa bersikap pasif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Standar Ketuntasan Minimal SMP Negeri 1 Pujon adalah 70 Hasil tes menunjukkan ketuntasan klasikal mencapai 40%. Hasil observasi menunjukkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan penerapan Think Pair Share (TPS) dan Inkuiri dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas VII G SMP Negeri 1 Pujon dengan jumlah siswa 25 orang pada materi ekosistem dan pengelolaan lingkungan. Data motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif. Peningkatan persentase motivasi belajar secara keseluruhan mencapai 27 8% yaitu dari pra-penelitian sebesar 33 3% menjadi 61 1% pada siklus II. Peningkatan persentase ketuntasan belajar mencapai 44% yaitu dari pra-penelitian sebesar 40% menjadi 84% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah penerapan TPS dan inkuiri mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran yang bisa diberikan oleh peneliti adalah (1) bagi guru TPS dan inkuiri dapat digunakan sebagai alternatif metode mengajar biologi (2) bagi pihak sekolah hendaknya terus menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada misalnya dengan meningkatkan kualitas guru pengajar meningkatkan sarana dan prasarana dan meningkatkan kedisiplinan bagi siswa (3) hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi bagi peneliti lain yang hendak mengadakan penelitian sejenis (4) Perlu adanya pengembangan metode TPS dan inkuiri agar siswa lebih aktif secara individu dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24856

Actions (login required)

View Item View Item